The Four Fingered Pianist

(dr ki-ka : Hee Ah Lee pas balita-pas grand concert-pas diapplause-mandiri bgt-happy 2gether 4ever)

Namaku Hee Ah Lee. Aku hanya memiliki empat jari, masing-masing dua pada setiap tangan. Tetapi, aku jago main piano, lho. Aku mahir memainkan karya-karya Mozart sampai Chopin. Bahkan aku pernah tampil bersama Richard Clayderman di Gedung Putih, Amerika”.

“Kakikupun hanya sebatas lutut. Tetapi, aku bisa berjalan sendiri kemanapun aku ingin. Ayahku sudah meninggal saat aku berusia 11 tahun, tetapi aku memiliki seorang ibu luar biasa yang sangat menyayangiku”.

“Aku sadar aku memiliki kekurangan, tetapi aku juga punya kelebihan. Aku memang lemah di satu sisi tapi kuat di sisi lain. Aku anak yang selalu bahagia dan senantiasa bersyukur atas segala anugrah Tuhan dalam hidupku. Melalui buku ini, aku ingin berbagi cerita dan kebahagian kepada kalian semua. Karena, ternyata benar jika kita menginginkan sesuatu dan berusaha menggapainya, tidak ada yang tidak mungkin di dunia ini. Dan, jika aku saja bisa begitu, kenapa kalian tidak?”

Dalem bgt. Itu yg gw rasain setelah baca buku The Four Fingered Pianist hasil tulisan bpk Kurnia Effendi ttg kehidupan Hee Ah Lee, cew korea kelahiran 85 yang ngalamin lobster claw syndrome tapi jago bgt maen piano itu. Ada vcdnya segala. Bukunya emg rada mahal tp worthed bgt bwt gw beli. Another inspiring true story about courage n determination….

Buku ini gw baca pas lg suntuk2nya ma idup. Cew gw makin cuek aja ma gw. Qta emg terpisah ruang n waktu. Doi kerja di kantor wapres, lah gw bolak balik ampir kejepit mesin press. Kerjaan kampus ga kelar padahal dah nungging sana sini ngerjainnya (ya jelas lah stupid! Lo nungging doank c. klo ngetik sana sini baru dah tuh kerjaan kelar ha3). TA direvisi bolak-balik. Bapak dosen baek bgt, tapi gwnya yg kagak berbakti he3. Malah kabur n ngerjain samthing yang mempertebal muka didpn bpk dosen dan isi kantong :p. Halah. Bisa beli notebook c akhirnya tapi efeknya, teman seangkatan makin menipis (baca: dah cabut n lulus dari kampus). Pilih kaya sesa(a)t ato lulus? Gw yg silau harta milih opsi pertama. Goblog tenan kowe cuk.

Back to the book, setelah baca buku ini, ati gw ngadem. Pkiran jd positif bwt mikir jalan kedepan. Tnyata gw ni suka bgt mengutuki sesuatu yg gw rasa salah di idup gw. Padahal semua itu ibarat mutiara hidup yg ga bs dirasain semua org. Gw sk misuh2, gampang down n moody gara2 pressure. Ya skripsi (pusing ngerjainnya), ya wanita (pusing mikirin n ngejagainnya), juga duit (padahal dah berusaha nerapin tips hermawan kartajaya bwt atur cashflow tapi teteup aja…). Argh.

Tapi ini semua ga sebanding ma perjuangan Hee Ah Lee bwt ngejalanin hari. Bangun tidur mandi maem n sarapan. Berangkat sekolah naek kursi roda elektrik. Ga dibantu ma ibunya loh. Doi digembleng bwt jd org yg ga trgntung ma org laen. Pul skul, doi n nyokapnya kudu latihan maen piano 10 jam tiap hari. Nyokapnya jg terjun lgsg dgn ikutan belajar kursus piano lanjutan bwt ngedampingin Hee Ah. Buset. Mantep kan perjuangannya. Bwt concert di whitehouse itu, bhkan doi kudu persiapan 5 tahun buat maenin karya Piano concerto no 21 k 467nya Mozart, Serenadenya Schubert ato Fantasie Improptuenya Chopin. Gadis kelahiran 85 yg padahal pas lahir dl mo dikirim keluar negri ma bokapnya bwt dicariin ortu asuh di Canada ini muncul dengan skill yg mempesona. Sang nyokap sempet menerawang. Flashback. Untung dia n suaminya mbatalin nyariin ortu adopsi. Saking cintanya ma anknya, bokap Hee Ah Lee bahkan nyiapin surat spanjang 100 halaman di kertas ukuran kuarto bwt pesen2 ma ank cewnya kelak. Si bokap emg veteran perang korea n ngalamin kelumpuhan gara2 kakinya kena ranjau. Setelah akhirnya dia mnghembuskan nafas trakhir, surat 100 hal itu dikasi ke Hee Ah Lee yg beranjak dewasa. Dtinggal bokap, Hee Ah n nyokap ttp berjuangan berdampingan. Hmmm mengharukan bgt..

Pesen gw, ga usah jaim ma prasaan lo. Buruan ungkapin rasa syg lo ma adek2 lo, bokap, nyokap, tmen2, calon istri ato suami, mantan2 jg org2 sekitar yg lo syg. Mumpung msh dkasi umur ma Yang Diatas. Belum dimasukkin ke liang lahat. Ato diaben jd abu ky gw. Oia, jgn ngeyel klo dibilangin apa2 ma mami lo2 pade. Hargai, hormati dan sayangi beliau, okeh.

(dngn mencintai, walau tak dicintai, bersyukurlah, karena itu pertanda cinta telah tumbuh dihatimu)

6 comments on “The Four Fingered Pianist

Mau komentar?

