Kisah Donat Kentang

Perjuangan Idoep

(dr ki-ka : gw si tukang crita-pedagang2 di seputaran bundaran ugm-jalanan malioboro nan inspiratif)

Lg males pke gaya ngocol. Pake majas n gaya bhs yg seriusan dkit ah. Friends, ada kejadian yg bkin aq trenyuh. Sekitar 2 km dr rumahku ada bocah seumuran anak kelas 3 SD. Tiap pagi2 bgt (aq catet sekitar jam 6an gitu), ank kecil itu bgitu semanget jualan kue donat buatan ibunya. Donatnya berbahan baku kentang jd so pasti rasanya khas bgt. Dia jual seribu dapet 3 biji. Anak ini udah jualan sekitar semingguan lah. Dia jalan dr gereja Banteng, lewat depan rumahku trus jln lg muter mpe monjali. Dari monjali kadang dia ngetem di SD2 yang dia lewatin. Nungguin ank2 SD (yg notabene seumuran dia) istirahat pagi.

Waktu itu pagi hari. Jam 6an. Tglnya aq lupa. Karena triakan tuh anak kenceng bgt waktu dia jualan (waktu itu kejadiannya pagi hari, aq masih teler gara2 ngetik mpe mlm) otomatis aq bangun. Ga kpikiran sih sapa yg teriak2 itu. Smangat bener euy. Pas buka pintu pager plus gemboknya, tuh anak nongol. Dia bawa skitar 100 biji donat. Wah lumayan ni sarapan pagi. Aq panggil lah dia. “dik, tumbas donate. Setunggal pinten? “, aq tanya. Dia bilang ” setunggal ewu pikanthuk telu mas”. Wah aq tanya pake bhs jawa alus, dia jg jwabnya alus. Lgian lumayan seribu dapet tiga biji. Dia buka barang bawaannya. Wah donatnya msh ngepul. Anget & bulet kenyal2 gt. Enak ni. Aq blg aq beli 3rb perak. Dia smanget bgt ngebungkus donatnya. Aq ambilin piring aja ke dalem krn belinya lmyn banyak. Jadi donat2 dipindahin ke piring yg aq bawa. Diatas donat2 td dia taburi gula putih halus. Wah makin ngiler aja jadinya. Setelah aq bayar, dia langsung cabut. “Matur nuwun nggih mas”, katanya. “nggih, sami-sami”, jawabku. Ank itu ngga sekolah ternyata. Mungkin ga ada biaya kali ya. Teriakannya bwt manggil customer ttep kenceng kaya semula. Wah hebat ni. Kecil-kecil cabe rawit.

Beberapa hari kemudian, siang hari abis aq nyetor kerjaan proyek, aq laper & pulang ke rumah. Adek2ku pd kuliah . Ibu lg ke swalayan bwt nyari gas yang makin langka gara-gara pertamina & kebijakan pemerintah yg makin sontoloyo. Blm ada maeman apa2. Lg duduk2 tnyata adek tkg donat itu lwt dpan rumah lg. “Tumbas donate dik”, teriakku. Wah mukanya langsung ceria gt. Setoran ke ibunya lancar nih hari ini :>. Di jalanan yang panas, tanpa topi, rambut merah kebakar matahari, anak itu tetep sumeh. Itu bahasa jawa, artinya murah senyum. Iseng2 aq tanya ma dia, donatnya udah laku berapa. Dia cerita klo sisa yg belum laku tinggal 20 biji. Artinya dari pagi mpe siang ini dia dah berhasil ngejual 80 biji donat. Kliatannya dia cape bgt. Tp mukanya tetep smanget. Salut ni ma adek tkg donat ini. Entah kenapa kok aq iktan seneng ya bgitu tau dia laku banyak. Aq ikutan beli 9 biji buat ngganjel perut. Wah makin lebar aja senyumnya. Aq bilang ”wah sukses ki dodolane dina iki. Kono gek bali, duite dikekke simbok, trus adik gek leren. Mesakke aq ndelokke. Gumbrobyos keringetan. Tapi sukses lah” sambil senyum. Eh jawabannya bkin aq kaget bin terpana. “ wah dereng sonten kok mas. Tesih wonten wektu ngge mbantu2 ibu kula. Ibu kula kan dadi batur (pembantu) teng perumahan Banteng. Nek tesih jam nyambut gawe, kula nggih mbantu2 ibu”. Ya ampun. Besar bgt hati anak ini. Di usia ini dulu aq jd inget msh maen perang2an ma adek2 n tetanggaku di kebon. Ato maen bola di lapangan kampung. Tapi anak ini.. duh Hyang Widhi, malu aq. Trenyuh. Tapi selebihnya bangga bgt, meskipun ank ini baru aq kenal, tapi udah ngajarin ketegaran dalam nghadapi idup. Aq beli donatnya bukan karena kasihan. Donatnya rasanya khas n kenyal. Masuk kategori donat enaklah. Makanya bnyk jg tetangga yg beli. Makin doyan langganan lg setelah tau berjualan ini ternyata cara ank itu bwt ngungkapin tanggung jawab, perhatian dan kasih sygnya ma ortunya. Lagian ank ini jg tertempa lwt kerasnya idup n berbakat jd salesman. Bayangin dunk, 80 biji laku dalam waktu 3 jam. Sales Amway atau Tianshe aja butuh berhari2 bwt pdkt ma calon customernya dngan kemungknan ga selalu berhasil. Donatnya sama ky yg dijual di warung2. Tp knp donat adek itu yg bnyk laku, itu ga lepas dr hakiki jualan adek itu. Bagi dia, kerja itu kehormatan. Kehormatan dia dimata ibunya krn berhasil jual bnyk donat. Kehormatan dia sebagai ank krna udah turut andil dlm mengepulkan asap dapur keluarga. Kehormatan dia di mata tetangganya krn udh milih cara jualan yg halal bwt ndapetin duit. Kehormatan dia di mata pengamat ky aq karena udah ngajarin bahwa hidup yg keras pun bisa ditaklukkan dengan ketulusan kerja dan semangat membara.

Sejak hari itu, makin variatif aja cemilan di kamar (maklum, aq rutin beli donat tiap kali adek tkg donat itu lewat). Makin bnyk jg pelajaran idup yg aq bisa tangkep. Belajar hidup ga melulu dr seorang yg lebih tua. Semua org mengalami pergulatan dan menyelesaikannya dengan cara2 yg menakjubkan. Wah2 aq nyadar sebagai ank dulu sering nyusahin ortu. Pas SD tiap dapet rapot (klo nilainya bagus) selalu minta dibeliin maenan. Klo ngga, mutung (ngambek). Ato suka ngeluh n marah2 pas SPMB buat masuk ITB dulu gagal & ngerasa bahwa itu adalah akhir dr sgalanya :<. Ato ngerasa down waktu TA yg udah dikerjain berbulan2 direvisi melulu ma dosen pembimbing. It’s NOTHING ternyata. Aq lupa bersyukur bhwa selalu ada nasi di rice cooker klo aq pulang ke rumah. Selalu diberi kesehatan. Atap rumah dari genteng jd ga bocor. Punya baju ganti klo keringetan. Ga kena lumpur lapindo. Kena gempa tp ga bgitu parah. Punya tmn2 & org2 yg syg ma aq. Apalgi coba yg ngga bisa disyukuri.

Emg bner kata Stan Lee lewat tokoh rekaannya yg bernama Ben Parker (paman Peter Parker), bahwa from great powers comes great responsibility. Adek tkg donat aja dengan powernya yg tiada sebanding dengan cengkeraman kerasnya dunia bisa tahan banting, knp qta yg dkasi kesempatan bwt kuliah, jd orang besar n pemimpin cm mlempem aja. Kuncinya emg satu tindakan sederhana tapi tulus tiap hari.

(ditulis pas lg meloow. Anjrit meloow aja tulisannya berbobot gn, gmn klo pas lg waras he3 *narsis*)

Advertisements

Mau komentar?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s