Haruskah Aku Lari ke Hutan, lalu ke Pantai?

(dr ki-ka: gw yg ngalamin ini smua pas di Riau dulu-excavator caterpillar pas bkin jalan-pemboran dng unit Koken NQ-diskripsi core hasil pemboran)

“Tu, km serampung S1 ambil S2 aja. Ojo kerja jauh2 di utan. Jadi staff kampus ato dosen aja. Di itb ato ngabdi di ugm. Ngabdi ma almamater tuh mulia loh. Idup sederhana tapi bakal bnyk dpet ilmu. Dkenal bnyk org. Bisa blajar n berkarya trs. Soal kerjaan ato rejeki pasti dtg otomatis, asal km dedikasi penuh ma kerjaan n program studi yang km dalemin skrg”.

Wah gitu nasehat bokap gw via telp bulan2 lalu. Hmm gw jd wondering gt. Bner jg. Klo kerja (notabene kerjaan gw kan ke daerah2 remote gt, maklum geologist alias tukang batu a.k.a kuli bkin sumur) gw bakal keilangan akses informasi. Dulu aja pas di Riau pas ngerjain project mapping batubara, 2 bln gw kagak nonton tipi. Apalg baca koran ato majalah 😦 bner2 abis waktu di field. Brangkat jam 7 pagi n pulnya jam 5 sore. Full di field. Pulang ngobrol ma tmn2 bntar, maen game, trus lanjut kerja studio. Plotting peta dari total station, ngedigit, ngotoshop, ngorel, kbnyakn dpan kompie. Yup ga ada hentinya. Udah pagi-sore dikuras enrgi bwt di field, mlmnya masih ngoprek2 software.

Duh. Stress tuh 2 bln ky gt. Blm lg smpet crash ma tmen basecamp. Jadi ga enk gara2 miskomunikasi gt. Kerja di kantoran sih enak. Diforsir mpe sore doank. Pul ke kos ato rumah (ky tmen gw) pkiran suntuk ilang. Maem masakn mami. Nonton tipi. Msalah hr ini otomatis disappeared. Masalah bsok? Urusan besok n dirampungin bsok! Nah klo di field ga bs gt. Remote. Jauh dr akses telekomunikasi n informasi. Masalah hr ini? Bisa jd masalah bsok2 klo ga cpetan dirampungin. Siang kerja ma tmn, mlmnya tidur sama tmn yg kerja ma qta td siang. Bosen ga si? Blom lg kynya waktu n t4 privasi berkurang. Hmm. Asli, kliatan bgt gw mahluk soliter gini ya? :p yah gw masih idealis ma idup. Gw pngen mandiri n cari duit sendiri. Mknya tahun2 lalu gw masih debat ma bokap soal kputusan terjun jd staff ato lgsg kerja jd professional muda. Gw condong ke kputusan kedua. Bnyak duit. Simple.

Nah bln2 brikutnya, gw jd mikir2 ma usulan bokap. Dulu bokap idup sederhana dan tetep nekat nglanjutin studi sampe kelar spesialisnya. Walopun dcibir ma tmen skampung n sodara2nya sendiri. “ngapain lu jek jauh2 ke jogja sekolah? Sekolah bwt apaan c? cari kerja kan! Cari duit. Mendingan dr sekarang aja lo cari duit. Bisnis. Sekolah mlh ngabisin duit. Melarat. Toh ujung2nya kerja jg, knp ga kerja aja skrg, skalian dr awal”. Gt tuh kurang lebih omongan org2 ke bokap dulu. Pkiran ngrantau bwt sekolah jauh dari Bali ke Jogja dianggap kputusan nyleneh. Ga umum. Orang miskin kok bnyk maunya. Secara bokap jg dulu ank sopir angkot. Kakek gw sopir omprengan. Kdang bisa dis-order jd sopir bahan bangunan spesialisasi pasir pantai. Yup, almarhum kakek gw emg tipikal rakyat Indonesia kebnyakn (kebnyakan anak hi3).

Nah alesannya si bokap, klo qta dedikasiin idup buwat uang, ga bakal kekal. Secara duit gampang bgt berkhianat. Hmm. Gw ga ngerti mpe tahap ini. Secara gw cm pnah bbrp kali nghasilin duit. Itu jg bwt diri sendiri, blm ky bokap. Nghidupin 5 org. Jadi soal ini gw ga bisa komen apa2 ke bokap. Kata bokap lg, klo sekali kenal duit, ga bakal lg mau dedikasi ma ilmu. Hmm. Klo soal yg ini gw agk2 stuju. Kmarn aja gw smpet nyicipin project, eh filosofi yg gw anut jadi berubah “Jgn sampe Skripsi n TA gw ganggu ni project”. Halah halah. It’s horrible how money twist our mind.

Tp klo gw lgsng skolah lg, ya gw bakal mlarat n malu. Ga bisa nghasilin duit. Terpaksa nebeng duit idup ma bokap lg donk. Kasian dunk bokap. Tp kok beliau support bgt ya? Yah skrg mungkin msh ada duit. Tp klo ntar2? Kagak ngarti. Gw jg ga berbakti dunk. Bisanya ngrepotin ortu mulu. Hmmm. Dilemmatic. Beasiswa? Kynya itu solusinya. Pertanyaannya, minta beasiswa ke sapa? Masak ortu?

(Apa sebenarnya yg qta cari di hidup ini? Kualitas hidup ato hidup berkualitas? Ilmu? Duit? Duit buat cari ilmu? Ilmu buat cari duit? Kok muter-muter trs?.. )

3 comments on “Haruskah Aku Lari ke Hutan, lalu ke Pantai?

  1. sip sip. komen gw pada bermunculan. repotnya dah dilaunching kmrn2 padahal masih ada error disana sini. tetep…kaya komen yg udah2, kirim2 komen ke blog gw okeh. tar gw kasi permen. tapi ambilnya di zimbabwe sono hi3.

  2. wkwkwk…kayaknya aq harus nyontoh kamu nih bro,,pas nganggur blajar sesuatu yang baru..hehehe..g deng..pasti ngonsepnya lama yah?trus skalinya ol langsung di pol polin,soalnya semua postingan tanggalnya sama hehehe

  3. Wah kasian banget kamu bul, emang di hutan itu gak enak. Makanya jangan kerja di Hutan, enakkan di pantai apalagi pantai Kuta, bisa buat “ngebor” Bule hehehe….

    Let’s see.. Bali ya.. Ah Bali emang kayak gitu. “Ngapain kamu sekolah jauh-jauh? Pendidikan gak menjamin pekerjaan bagus. Udah mahal, lama lagi?” Komentar itulah yang biasa aku dapet kalo pulang mudik. Ada benernya juga sih, tapi banyak hal juga yang dapet dari kuliah jauh dari orang tua. At least pola pikir kita jadi lebih baik, dari pada pelajar Bali yang hanya ‘puskrong’, ke kampus abis itu nongkrong di mall.

    kalo pulang, biasanya aku suka kumpul2 sama temen2 SMU dulu, nah giliran ngobrol yang agak serius dikit aja, mereka udah nyerah tuh. Biasanya bilang, “ngapain kamu ngurusin hal2 rumit kayak gitu, mending kita godain cewek kenalan baru saya aja, orangnya lumayan lho…” yah…emangnya kita masih SMU apa?

    Aku punya seorang temen yang dulunya paling males ngurusin sesuatu yang dianggap “sensitif”, lu tahu lah bul. Eh begitu dia ikut kuliah ke jogja, mata hatinya mulai terbuka untuk menyuarakan “ketidakadilan” dalam masyarakat, sementara temen2 di Bali masih sibuk ngejar-ngejar cewek kenalan baru…. Hidup cewek seksi!!!

Mau komentar?

