Learning Style

(dr ki-ka semua : cara homer n bart saling belajar he3)

Semenjak ada ni laptop, gw ngerasa idup gw berubah, ke arah yg lebih positif tentunya. Gw jadi rajin download. Proses pembelajaran bner2 keluar dari diri gw, ga ada yg maksa, ga semata2 dicekokin secara paksa. Jadi inget kuliah dulu. Semua bahan n jadwal dipadetin sdemikian rupa. Belum bisa ngunyah ilmu yg satu, udah kudu nelen bahan pelajaran yg laen. Trus2an selama bertahun2. Ya cape juga jadinya.

Menurut gw, sistem pembelajaran dengan metode kampus agak sedikit…. ga efektif. Menurut gw loh ya, beda pendapat kan biasa J Kenapa gitu? Karena metode pengajaran dengan kelas besar bnyak gangguannya. Rame. Itu faktor pertama. Mahasiswa berjubel. Kelas penuh diisi puluhan bahkan mpe ratusan mahasiswa kalo pas kuliah (kbanyakan yg ngulang :p).

Faktor yg kedua antara pengajar n peserta belajar kurang deket hubungannya. Dari sisi pengajar, bakal ngabisin waktu klo dia hrs kenal semua muridnya satu persatu. Dari sisi peserta belajar, interaksi yg akrab dengan pengajar ga memungkinkan, karena ga mungkin donk pengajar cm ngladenin pertanyaan satu-dua orang aja. Lagian di forum besar jg pasti ada rasa sungkan bertanya terlalu banyak ama pengajar. Suasananya kurang mendukung.

Faktor yg ketiga, sarana pembelajaran yg kurang menarik. Presentasi powerpoint udah jadi hal biasa. Ga spesial lagi. Fungsinya juga terbatas. Malah ada beberapa dosen yg masih pke transparansi ato bahkan nulis di papan tulis. Wah wah.. Trus sarana pengumpulan tugas juga via kertas. Emang ada juga sih yg via paper ato poster. Tapi ya sama aja, sama2 hardcopy, sama2 dicetak. Digunting, ditempel, ato diprint lewat plotter yg mnghabiskan biaya yg ga sedkit.

Hmm.. nanggepin soal ini, semasa kuliah dulu, ada dua dosen yg bkin gw berkesan. Yang pertama, bapak dosen komputer untuk geologi yg jg ngerangkap jadi pengajar petrologi. Beliau sejak awal kul nya selalu mnekankan prinsip ngegunain free n open source software. Daripada pke software non ori, mendingan pake software ori free yg fungsinya sama. Selain itu si bapak juga nyuruh mahasiswa utk numpuk tugas via homepagenya. Jaman ngeblog blm beken itu aja si bapak udah punya homepage loh. Termasuk dosen yg berpikiran maju mnurut gw. Nah bner bgt pak. Kebijakan kaya ini efektif dari sisi waktu, biaya n etika profesionalisme.

Yang kedua, ibu dosen pengajar endapan mineral yg juga ngajar kristalografi mineralogi. Apa yg bkin istimewa? Si ibu nyuruh tiap2 mahasiswa ngebikin puisi tentang mineral! Asli heboh bgt pas diterapin. Mahasiswa jg interest ama tugas yg dkasi ibu dosen. Puisinya lucu2. Menghibur. Eits jangan salah, puisi yg dibikin juga ga asal2an. Pake riset ke perpus bwt nambah daftar bacaan ttg mineral yg bersangkutan. Nah ini yg menarik. Setiap manusia punya hasrat untuk menunjukkan siapa dirinya. Apa cita rasanya. Ada keinginan untuk lebih daripada orang lain. Kompetisi sehat. Makanya meskipun cm bwt puisi, tapi pesrta kuliah smuanya kliatan interest. Karena bakal dibacain di depan kelas, makanya setiap org berusaha yg terbaik buat puisi mereka. Tanpa terasa, qta belajar dengan perasaan suka cita. Ke perpus, buka2 buku mineral berdebu bwt cari bahan. Berkreasi dengan sajak n rima yg dinamis n berkesan bagi pendengar yg lain. Aktifitas belajar, ga dipungkiri, JADI MENYENANGKAN J aktivitas otak kanan dan otak kiri berjalan selaras n berdampingan, sinergis satu sama lain.

Dua contoh pengajaran dari bapak n ibu dosen diatas makin ngebuka pikiran gw klo aktifitas belajar bakal lebih efektif kalo suasananya dbikin cair. Ga monoton. Apalagi horror n spanning. Udah ga jaman lg dosen marah2 ma mahasiswanya gara ribut di kelas. Mahasiswa ampe ribut n ngobrol pas kuliah udah mngindikasikan bahwa mereka hanya sedikit ato bahkan tidak tertarik sama sekali terhadap kuliah tersebut. Bukan bahannya yg ga menarik. Semua hal yg bisa dipelajari adalah menarik. Yg bkin menarik-ga menarik adalah kemasannya. Cita rasanya.

Nah on the opposite, udah ga jamannya lagi bwt para mahasiswa utk ngobrol di kelas gara2 mati boring. Kuliah mahal. Sayang bgt klo cm buat ngobrol. Ada dua solusi bwt mahasiswa. Pertama, pengajuan saran tentang kemasan kuliah ama dosen pengajar yg bersangkutan. Kalo dirasa kemasan kuliahnya kurang mantap n menggugah, mending ngajuin saran n feedback ke dosen yg bersangkutan. Prosentase keberhasilan solusi ini? 0 % !!! sumpah, ngajuin feedback ke dosen ttg cara mngajarnya sama kaya nyium macan betina yg lagi hamil. Beresiko bro/sis. Dijamin dimusuhin n diblacklist ma dosen yg bersangkutan. Dosen senior udah punya area kekuasaan mreka sndiri2 pas ngajar. Pola pikir n pengalaman2 mreka pun ga mungkin diubah. So, stop it right there! Mau nilai lo pade dirubah jadi E smua? Ogah kan.

Nah yg lebih realistis, mending qta cari sumber info lain buat muasin dahaga kita ama ilmu2 yg mo kita kuasai n pelajari, yg ga qta dapat dari perkuliahan. Istilahnya, e-learning. Gw yakin klo udah niat belajar, usaha qta bwt hunting di perpus ato internet nyari bahan bakal ga terasa berat. Qta nglakuinnya dengan interest yg menggelegak n semangat bwt maju yg membara.

Gw kepikiran deh. Misalkan ada keajaiban dunia ke-sembilan n gw ujug2 jadi dosen, pertama2 yg gw lakuin adalah ngecek seberapa banyak mahasiswa gw yg punya weblog ato bahkan web domain sendiri.

Ini penting karena kita bisa tau karakter mahasiswa ajar kita. Interest mereka dmn. Syukur2 ada info ato trend baru yg bisa qta gali ato bahkan qta contoh dr mreka. Ehmm Ehmm. Udah ga jaman lg feodalisme n senioritas. Dosen ato senior bukan brarti selalu lebih unggul daripada junior mereka. Dan buat junior, udah ga jaman lg nunduk2 di depan senior kaya kerbau dicocok idungnya. Respek harus tapi tunduk? Jangan. Tunjukkan dirimu klo km smua tuh istimewa. Dosen ato senior untuk diajak kerjasama, bukan untuk ditakuti. Buat dosen n senior, junior itu buat diajak kerja bareng, bukan buat sasaran ploncoan ato sasaran buat digoblok2in.

Gw gerah jg karena beberapa dosen bersikap ky gt. Pasang tampang angker. Marah2 diawal kuliah. Misuh2. Entah karena mahasiswanya emang bner2 bengal ato ga dapet jatah dari istrinya tadi malem he3. Buru2 berguru ma dia, hadir di kuliahnya aja udah stengah ati. Gimana mo ngresap ilmu ini. Lgian, qta kuliah itu mbayar. Beliau ngajar itu dibayar. Dibayar cm bwt marah2? Hell no.

Trus gw bakal nyuruh tugas2 ditumpuk dalam bentuk pdf, e-book ato malah e-magazine! Hemat kertaslah. Illegal logging dmana2. Pohon2 ditebang buat jadi pulp (bubur kertas). Mendingan ditumpuk via cd/dvd kan. Lebih murah. Muat banyak. Ga makan tempat. Bisa dkreasi macem2 pula. Cita rasa qta bisa qta tuangin dalam stiap tugas2 itu. Entah desain templatenya. Fontnya. Gaya bahasanya. Macem2. Lebih enak baca karya dalam wujud pdf, e-book ato e-zine kan drpd baca kertas putih formal yg kaku.

Trus soal pembelajaran. Metode kelas besar terbukti ga efektif. Mending dialihkan ke kelas kecil dengan susunan kursi (t4 duduk) yg meliingkar. Suasana nyantai. Nyaman. Hubungan pengajar n mahasiswa ajar lebih akrab. Ilmu lebih gampang masuknya. Kita tau klo kuliah ato sekolah itu bayar, jadi kenapa qta ga mengharapkan kualitas blajar mngajar yg terbaik. Hak kita itu.

(cheers, cherry and dynamite! Stay sharp like a blade, fellas!)

Advertisements

2 comments on “Learning Style

  1. hebat gem saluut….
    ajarin dunk …
    harusnya km jd asisten gamtek…hehehe….
    pastai smw mhsiswa maju…
    ato bikin BSO baru….

  2. haha. bisa aja simbah ini. dah wisuda bro? wah aq sing paling keri ki ketoke…..aduh..moga2 aq dikasi maap ma bos MD…

Mau komentar?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s