Rookie Enterpreneur (Wannabe :) Goin’ Uptown

Gw ni. Ngeblog lagi. Ngetik lagi. With my lovely hubby Compaq C733. Cuma pengen sharing aja. Beberapa bulan terakhir ini gw terjun ke bisnis. Bisnisnya masuk kategori apa ya? Jawabnya bisnis kosmetik ma sandang. Hah? Geologist jadi bisnisman? Ngurusin kosmetik ama jualan tas? Buset. Keluar jalur banget. Ada 2 kemungkinan sih klo kasusnya kaya gini. Pertama, gw termasuk kategori geologist idiot yg banting setir gara2 ditolak beberapa oil company. Kedua, emang niat gw pngen mandiri n jadi entrepreneur sejati. Brusaha mengikis mental babu kalo kerja ama orang di perusahaan ato kantor. Nah klo ditanya “kenapa lo terjun ke bisnis bul?”, gw jawab yang kedua. Hehe. Kamuflase bung. Biar gagah dikit jawabnya. Hehehe (ketawa miris)…

Bulan2 kmrn gw getol beli majalah SWA. Yah terpaksa nyari yang back issues di pasar loak J. Nafsu baca tinggi tapi keuangan ala kadarnya. Sing penting halal. Setelah baca2, emang ga gampang (baca: menantang banget) buat terjun jadi entrepreneur tuh. Klo sukses bangga bgt deh pokoknya. Mandiri. Dapet duit dari agresifitas kita sendiri. Otak dan badan kita sendiri yang berperan jadi gas dan rem aktivitas kita. Tapi klo belum sukses, yah bnyak jalan mendaki yang harus dilaluin. Dari segi gengsi pun mungkin kalah. Coba cek. Klo lo lagi ke kafe ketemu cewek, dianya nanya “ Kerja dimana Mas?”, lo pikir pke logika aja, jawaban mana dibawah ini yang bisa bkin tuh cewek klepek2 ma lo. Jawaban pertama, “ Saya kerja di oil services. Lagi off ni. Btw km manis deh non. Dah punya cowk belom?”. Jawaban kedua,“ Saya lagi kunjungan kerja ni mbak. Saya staff Kementrian Negara. Wah mbak ini manis jg. Dah lama jomblonya?”. Jawaban ketiga, “Saya entrepreneur. Sekarang jadi Sales Manager. Btw kulit mbak halus. Tapi biar lebih halus, coba deh lulur produk saya ini. Murah. Udah terdaftar di BP POM loh. Oia saya juga punya catalog tas cewek. Model terbaru. Bukan kulit sembarangan. Dijamin ga bikin kulit iritasi. Oia mbak, ni kartu nama saya”.

Haha. Ada2 aja. Jawaban pertama & kedua bisa jadi membuahkan benih anak & bisa jadi lo jadi doyan jajan ke kafe setelah itu (:p). Kalo jawaban yang ketiga sih udah pasti membuahkan duit & klien baru. Itu juga kalo dia kagak kabur gara2 nyangka lo orang sales kartu kredit hehe. Huh? Lo nanya jawaban gw? Haha. Cewek kafe itu ga buta bung. Gw bilang gw presiden becak pun dia kagak bakalan percaya. Muka jongos gini hehe.

Ok kembali ke topik. Soal keinginan jadi bos bwt diri sendiri emang dimiliki semua orang. Semua orang pengen jadi bos. Semua orang pengen penghasilan tambahan. Tapi begitu ada peluang untuk take action, bnyak yg mundur teratur, balik kanan, ato malah lari kabur. Sempet jg gw encounter ma problem kaya gini. Masalahnya komoditi yg gw jual tuh walaupun universal, tapi lebih condong ke girl’s things. Nah itu. Otomatis cara penyebaran iklan yang paling efektif ya dengan cara word of mouth antar konsumen yang kebetulan didominasi kaum hawa. Ok jadi gw survey interest sobat2 gw yang cew2. Rata2 pengen ikutan terjun. Oke strategi disusun. Dana modal disiapin. Pas take action, 70% kabur. Ilang interest. Entah kehabisan waktu, ato ngerasa udah mapan ma kerjaan mereka yg sekarang. Hmm. Rencana tinggal rencana. Yang paling ngerasa ya gw. Lah cuma ini cara gw cari duit. Keran duit gw satu2nya. Jalanan terjal berliku udah mulai nampak di kepala gw..

Susahnya bung cari duit lewat media bisnis. Bukan ga mungkin, tapi ya itu tadi, susah awalnya. Gw dapet laba beberapa puluh ribu aja rasanya seneng bgt bgt. Yah dapet duit juga buat modal ngedatengin barang di trip berikutnya. Klo dirata2 kesusahannya, ada banyak bgt tantangannya. Nyari partner bisnis. Mertahanin klien. Jaga stok aliran barang. Margin laba yang tipis (karena barang yg gw bisnisin ini termasuk barang komoditas rutin). Lebih mahal dikit aja, pesaing ngambil alih konsumen. Wuih.

Biarpun pahit di awal, gw tetep semanget ngerjain ini. Paling ga mental gw bukan mental gw yg dulu lagi. Ehmm pribadi gw masih suka ngamuk2 sendiri sih hehe (sori Nei, lo yang paling kenal gw klo soal ini) tapi soal kemandirian, well, plg ga gw skrg ga terlalu tergantung ma kiriman ortu lg. Bisa ngelunasin kredit barang beberapa bulan. Long way to go mbul. Kata tmen gw si brek, “Wake up Rascal, u got a lot of things to do!”. Nice word brek. Tinggal actionnya sekarang.

Sebenernya jauh di lubuk hati gw, gw punya mimpi. Mimpi jiwa geologist gw. Gw pengen punya perusahaan kontraktor tambang sendiri. Gw ngrasa mampu. Punya team sendiri, ada yg jago run tool, ada yg jago geomodeling, punya alat bor n logging sendiri. Punya database software yang powerfull. Saling melengkapi karena ga seorang pun di dunia yg bisa survive lewat solo action. Punya tim riset sendiri, berjiwa professional tapi akrab satu sama lain. Punya majalah tambang sendiri yang diupdate tiap bulan. Punya portal situs yang update n menarik buat dikunjungin. Adventure bgt. Naklukin bentara Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, Irian, juga menerobos hutan beton ibukota buat menangin tender. Sapa tau bisa nyaingin Pama, Buma, Liebherr ato Theiss. Haha. What a wild dream.

First step dari upaya perwujudan mimpi2 gw tadi adalah jualan. Bisnis yg lg gw gelutin. Gw kudu konsen. Kudu serius. Gw kudu jaga emosi gw biar ga kemakan sifat minder. Biar gw ga keilangan klien2 gw yang potensial cm gara2 mood gw yg kadang terlalu berapi-api. Gw kudu ngelatih jiwa gw biar tahan banting. Biar paham cara survival di dunia ini. Umur gw blm seperempat abad, tapi moga2 mental gw ga kalah ma pengusaha2 muda yang ada di majalah SWA yang gw jadiin idola itu. Ugh!

(Complain less, do more.)

=====================================================================================

One comment on “Rookie Enterpreneur (Wannabe :) Goin’ Uptown

Mau komentar?

