Kekanakan Dalam Diri

tak ada yang abadi..

Kadang-kadang serbuan perasaan sedih menyergap kita. Kita menyadari saat magis hari itu telah berlalu dan kita tidak melakukan apa-apa mengenainya. Dan hidup pun mulai menyembunyikan keajaiban dan keindahannya.

Kita harus mendengarkan kanak-kanak yang masih ada dalam diri kita sampai sekarang. Kanak-kanak itu memahami saat-saat magis. Kita bisa membungkam tangisnya, namun kita tidak bisa mengenyahkan suaranya.

Diri kanak-kanak kita yang dulu masih ada. Diberkatilah kanak-kanak, karena merekalah yang empunya indahnya kerajaan Surga.

Jika kita tidak dilahirkan kembali – jika kita tidak bisa belajar memandang kehidupan dengan keluguan dan antusiasme kanak-kanak – tak ada artinya untuk terus hidup.

Ada banyak cara untuk bunuh diri. Orang-orang yang mencoba membunuh raga melanggar aturan Tuhan. Yang mencoba membunuh jiwa juga melanggar aturan Tuhan, meskipun kejahatan yang mereka lakukan tidak senyata yang pertama.

Kita harus memperhatikan apa yang dikatakan kanak-kanak di dalam hati kita. Kita tidak boleh merasa malu dengan keberadaannya. Kita tidak boleh membiarkan kanak-kanak ini takut, karena ia sendirian dan nyaris tak pernah didengarkan.

Kita harus mengizinkan kanak-kanak ini mengendalikan kehidupan kita. Kanak-kanak ini tahu bahwa setiap hari berbeda dengan hari lain.

Kita harus mengizinkannya merasa dicintai. Kita harus membuatnya bahagia – meskipun itu berarti perilaku kita berbeda dan bagi orang lain kelihatan konyol.

Ingatlah bahwa di mata Tuhan, kebijakan manusia adalah kegilaan. Namun, kalau kita mendengarkan kanak-kanak yang tinggal dalam jiwa kita, mata kita akan bercahaya. Jika kita tidak kehilangan kontak dengan kanak-kanak itu, kita tidak akan kehilangan kontak dengan kehidupan.

(From “By the River Piedra I Sat Down and Wept, Paulo Coelho, Art by Niko Geyer)

==============================================================================

Advertisements

2 comments on “Kekanakan Dalam Diri

Mau komentar?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s