Perhatian Adalah Energi – Masaru Emoto

nasi full

Kasus yang akan saya ceritakan ini pernah dituliskan oleh Masaru Emoto dalam buku terdahulunya yang berjudul THE HIDDEN MESSAGES IN WATER (Beyond Words Publishing, 2004), buku Masaru sebelum THE TRUE POWER OF WATER. Diantara pembaca mungkin masih mengingatnya. Berikut kutipan kasus yang saya ambil dari buku Masaru tersebut, tentang betapa berbedanya kondisi sesuatu ketika diberikan perhatian:

Sebuah keluarga yang berlangganan majalah kami, melakukan percobaan menarik. Mereka memasukkan nasi ke dua buah botol. Setiap hari selama satu bulan, seluruh anggota keluarga termasuk anak-anak mereka mengatakan “TERIMA KASIH” ke salah satu botol dan mengatakan “KAMU BODOH” ke botol yang lain. Selanjutnya, mereka melihat perubahan yang terjadi pada nasi dalam kedua botol tersebut.

Setelah satu bulan, nasi yang dipanggil dengan sebutan “TERIMA KASIH” membentuk fermentasi dengan bau alkohol yang khas, sedangkan nasi yang dipanggil dengan sebutan “KAMU BODOH” menjadi basi dan berwarna hitam.

Saya tulis pengalaman keluarga tersebut dalam buku saya yang berjudul THE HIDDEN MESSAGES IN THE WATER, Vol 1. Hasilnya banyak keluarga lain di Jepang yang melakukan hal yang sama. Setiap keluarga yang mencoba percobaan tersebut akan melaporkan hasil yang sama dengan cerita yang tadi.

Namun, ada satu keluarga yang melakukan percobaan dengan menambah variasi, yaitu dengan menambah satu botol lagi yang tidak mereka labeli dengan kata-kata. Menurut anda apa yang terjadi?

Ternyata, nasi yang tidak dilabeli dengan kata-kata apapun menjadi lebih cepat basi daripada nasi yang diberi label “KAMU BODOH”! Hasil yang sama juga didapati oleh keluarga-keluarga lain yang mencoba. Tampaknya, diejek lebih baik daripada tidak diperdulikan…

Dengan memberikan perhatian kepada sebuah benda, berarti kita memberikan energi kepada benda tersebut. Seorang teman pernah berkata kepada saya bahwa jika anda berbicara kepada tumbuhan saat menyiram, tumbuhan akan tumbuh lebih cepat dan menghasilkan bunga-bunga yang lebih indah. Begitu juga perlakuan kita kepada hewan peliharaan. Dengan memberikan perhatian, kehidupan akan memperoleh energi menjadi lebih baik.

Hasil percobaan tadi memiliki arti yang sangat penting, bahwa hal terberat dalam hidup kita adalah ketika kita tidak dipedulikan atau tidak diperhatikan…

Advertisements

2 comments on “Perhatian Adalah Energi – Masaru Emoto

Mau komentar?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s