You’re What You Eat

makanan hari ini full

Makanan memang menjadi substansi vital dalam kehidupan manusia. Makanan bergizi bakal memberi asupan energi buat badan dan otak untuk beraktivitas. Minggu pagi ini, sebelum berangkat “dinas” ke GSP seperti biasa (he3), aq nyiapin makanan dulu buat sarapan sekalian makan siang. Liat dompet, wah duit tipis. Gawat. Ga bisa beli maem utk beberapa porsi nih. Masak sendiri aja gmn? Kayanya ide yang bagus. Berhubung mami pulang kampung beberapa waktu, jadi kudu masak sendiri utk saat ini. Lagian irit. Itu poin yang paling penting 🙂

Liat ada bahan persediaan apa yang bisa diolah? Hmmm. Ada jagung manis beberapa biji. Ada jamur tiram sebungkus penuh. Wah iki! Bisa diolah nih. Jagung manis dipotong panjang-panjang. Dikasi irisan cabe merah & ijo besar yang dipotong melintang. Dikasi saos. Jangan lupa garam plus bumbu inti dari KOKITA (bukan promosi). Tumis bentar pake api besar (mateng dalam waktu lebih singkat menjaga vitamin dari sayur biar ga hilang). Masukin piring. Beres. Soal rasa urusan belakangan 🙂 hehe rasanya dijamin asoi deh pokoknya.

Masakan kedua, cah jamur. Jamur tiram dipotong panjang. Dikasi irisan cabe merah & ijo besar juga. Tumis mpe jamurnya layu & kandungan air dalem jamur berkurang banyak. Masukin garam, vetsin ama sedikit MASAKO (bukan promosi juga). Tumis terus mpe airnya menguap. Cobain dikit. OK sip. Udah mateng trus diangkat n sajikan di piring.

ITADAKIMASU! Selamat makan dalam bahasa Jepang. Aq & adek2ku udah mengelilingi meja makan dengan mata kalap. Laper bener euy. Suasana pagi di Jogja yang dingin nambah parah suasana perut yang keroncongan. Ok… hmm.. hmm. Ada yang kelupaan kayanya. Begitu liat ke bawah, ada 4 mahluk yang masing-masing berkaki empat memandang nanar ke meja makan. Duh ga tega.. tapi klo dikasi sayur jagung & jamur mana mereka doyan.. mana cakar favorit mereka udah abis pula..

Argh. Terpaksa starter motor ke pasar Kolombo buat beli cakar ayam dalam jumlah secukupnya. Cakar tinggal direbus dan dikasi garam ama bawang putih. Adik2 yang berkaki empat itu tinggal dikasi nasi berkuah. Cakarnya? Simpen buat besok. Sapa tau majikan mereka doyan hehe. Cakar uenak tau!

Ga lupa tadi beli kue buat cuci mulut. Ada wingko babat murah & kue kentang bulet berisi. Mantapf. Minumnya segelas Moccacino. Huii sueger. Serasa bos-bos belanda di rumah gedongan jaman dulu 🙂

Oia biaya yang  habis buat nyiapin makanan ini adalah : CAH JAMUR Rp 3.000,00. TUMIS JAGUNG Rp 2.000,00. Makanan pencuci mulut (kue wingko, kue kentang ama moccacino) Rp 6.800,00. Nasi gratis soalnya kiriman beras jatah dari kampung sih 🙂 Semuanya jadi Rp 11.800,00 untuk sarapan ama makan siang. IRIT BUENEEERR! Makan malem paling seporsi sate yang dibagi tiga plus gorengan. Hehe. Pelitnya 🙂 itu juga cuma ngabisin Rp 10.000,00. TOTAL BIAYA MAKAN satu hari Rp 21.800,00 untuk 3 orang manusia. Peliharaan makannya nasi berkuah doank. Gratis. Ini namanya irit rit rit 🙂

OK CABUT DULU YO. MO BRANGKAT “DINAS” LAGi. Moga-moga pagi ini berjalan lancar. Terpaksa menyemangati diri sendiri nih hehe. Life is revolving 🙂

Advertisements

3 comments on “You’re What You Eat

  1. kok ada nasU goreng nyempil Bul? :D.

    Berarti kmu apa nich merunut pada makananmu?
    makanan pokok jauh lebih murah dr jajannya, berarti kamu suka jajan ya he he hee

  2. Hehehe. Spacenya sisa n gambarnya kurang bro 😀 Btw si Joni mesakke banget. Sekarang dia terdampar di Jatiluhur & Purwakarta. Padahal tujuan semula kan Jakarta huehehe. That’s life. Moga2 dia masih diberi kekuatan (dan uang) buat balik ke Jogja 😀

  3. Fyi, si Joni balik tanggal 15 bro. Mau minjem Ubuntu katanya. Kemaren aq kompori buat diinstal di laptopnya 🙂

Mau komentar?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s