Sepak Terjang Programmer (Berdarah) Indonesia

“Ba, km tau ga ada orang Indonesia yang ikutan bikin Exaile Media Player?”. Wuah pertanyaan adik saya ini menggelitik telinga. Sekian lama pake Exaile tapi ga pernah liat credits para pembuatnya. Haha semangat opensource saya harus dimantapkan lagi nih. Minimal saya harus tahu para pembuat software-softaware free yang sering kali menyelamatkan mood, hari-hari dan kerjaan saya.


Setelah saya cek, ternyata memang ada programmer (berdarah) Indonesia yang terlibat dalam pembuatan Exaile. Namanya Johannes Sasongko. Mantap. Go go Indonesia. Go go Exaile. Memang masih ada beberapa bug namun kinerja Exaile ngga bisa dipandang sebelah mata. Dalam resensi di forum-forum Ubuntu dan majalah Full Circle Magazine, Exaile menduduki posisi kedua dalam 10 top media player yang digunakan oleh linux-user. Nomor satu memang Amarok Media Player yang berbasis KDE. Setelah Amarok dan Exaile, menyusul pula Banshee, Rythmbox, XMMS dan seterusnya.

Tapi ehm, ehm, maapkan saya. Beberapa hari ini saya “berkhianat” karena memakai iTunes. Huahaha. Maapkan. Ampunn. (*jedesh jedesh bledug guk guk kaing kaing mbek mbek* ada suara orang ditimpukin rame rame ^_^)

Advertisements

8 comments on “Sepak Terjang Programmer (Berdarah) Indonesia

  1. memuaskan sekaleee bro. haha. btw fitur Genius itu bwt iTunes store doank yo ji? jadi kalo ada lagu yang lagi dimainin di playlist kita, iTunes Storenya bakal nyari lagu dngan kategori-kategori yang mirip ama lagu yg lagi kita play itu ya? klo lagi offline ga nyala itu Geniusnya.

    aq pamer ke adik2ku. do mangap kabeh huahahaha 😀

  2. Ada yang bilang gini bro:

    secara singkat pola kerja Genius adalah mengumpulkan semua data-data library anda, lalu menguploadnya ke server pusat apple, lalu mengolah data anda dan disinkronisasikan dengan data seluruh pengguna iTunes di dunia, lalu memutuskan lagu – lagu yang sekiranya cocok atau match untuk genius playlist anda, baik dari segi beat, mood, dan genre.

    Makenya, pada saat lagu diputar, tombol genius-nya diklik, lalu muncul playlist based on lagu yg sedang diputar saat ini.

    Btw, kmr bikin account dulu gak bro untuk ngaktifin genius-nya?

  3. wow. thx for the tips bro. aq belum aktifin Geniusnya. mungkin jg ga bakal aq aktifin. bandwidth pas-pasan ji. buka wordpress aja crut-crut lambatnya. apalagi buat sinkronisasi lagu hehe :p fakir bandwidth ki 😀

Mau komentar?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s