Sketsa & Komik Saya (Ga bisa Dibilang Keren, Sih..)

Sketsa. Komik. The Art of Story Telling. Rasanya asik membongkar-bongkar & men-scan koleksi sketsa-sketsa dan komik-komik hand-drawn bikinan saya ini. Plus jadi inget behind the scene proses pembuatannya. Saya menangkap adanya proses transformasi style gambar disini.

Proses-prosesnya dimulai dari (1) belajar menggambar portrait wajah, kemudian (2) menangkap momen-momen yang hendak ditonjolkan lewat alpha-art seukuran postcard yang menangkap setting tempat dan pelaku, terus diteruskan dengan (3) eksplorasi panel (wadah teks) yang nantinya jadi tempat untuk menuangkan cerita-cerita, berlanjut ke (4) proses inking dan yang terakhir, (5) penuangan tone, gradasi, tekstur dan gelap-terang untuk menimbulkan suspense yang menendang  😀

Namun diantara itu semua, ada faktor lain yang harus diukur oleh sang seniman, yakni (6) apresiasi dan feedback pembaca setelah karya ini dihaturkan ke khalayak ramai. Wuah rasanya ga sabar untuk mengupload komik-komik culun ga jelas buatan saya ini. Ada satu komik yang setelah saya baca berhasil membuat saya terbahak ngakak. Padahal genrenya action-tragedy. Hiks hiks *sob* Apakah ini pertanda saya komikus gagal?

Next time saya upload komik saya ok. Mohon feedbacknya. Hontou ni arigatou 😀

Advertisements
By gbujangga Posted in Art

6 comments on “Sketsa & Komik Saya (Ga bisa Dibilang Keren, Sih..)

  1. ooouuups,, is this original yours gem?? unbelievable… hahhaha… ga tlalu jelas upload-an nya. hhhmmmm kutebak ya..jenis2 golden b*y ya? hahahhaha……. ooouups

    • wow. ada pembaca setia udah nongol hehe. padahal baru aja ngaso setelah upload enjot-enjotan. iya nih ndah, ga ada bandwidth. yah beginilah, pas bosen nulis ya nggambar-nggambar. enakan aq upload dimana ya? di wordpress gambarnya jadi kecil-kecil gini. enakan di flickr. tp ga mungkin ngupload dit4 ini. drtd gagal mulu huhu 😦

      golden boy? wuah pengennya sih. tp aq belum terlalu jago nggambar anatomi. btw ketauan koleksimu golden boy haha. ternyata 😀

Mau komentar?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s