OPENSTEP 4.2 From Jobs’s NeXT

“Apakah anda mau berjualan air bergula seumur hidup anda ataukah anda berkeinginan untuk mengubah dunia?” Demikian sentence yang diucapkan Steve Jobs saat berusaha meminang John Sculley yang saat itu memegang jabatan sebagai presiden Pepsi-Cola agar mau masuk ke Apple Computer. Ironisnya, di kemudian hari, John Sculley memecat Jobs dari perusahaan yang dibangunnya sendiri itu. Ha3. Never mind the old history. Jika Jobs tak pernah dikeluarkan dari Apple (untuk kemudian bergabung kembali pada tahun 1997), maka tidak akan pernah ada perusahaan NeXT (cikal bakal dari studio Pixar Animation) dan operating system-nya, NextStep dan OPENSTEP 4.2. Dibawah ini adalah screenshot-screenshot OPENSTEP untuk platform intel x86 yang dirilis tahun 1988 (wuah komputer jadul saya support nih kayanya :D). Photo Courtesy: Nathan Lineback.


Begitu booting awal selesai, kita akan disuguhi Workspace Manager, semacam file manager. Menunya unik, terletak di sebelah kiri, terdiri dari opsi Info, File, Edit, Disk dan seterusnya (gambar di atas). Bisa kita lihat juga, di sebelah kanan, ada toolbar yang selalu on the top jendela-jendela yang aktif. Ngingetin kita ama Dock-nya Mac ya? Toolbar OPENSTEP inilah yang nantinya akan diterapkan sebagai Dock dan diimplementasikan pertama kali pada MacOS X 9.0. yang dirilis Oktober 1999. Toolbar ini sifatnya draggable, ikon-ikon launcher aplikasi bisa ditambahkan atau dihilangkan hanya dengan “menyeretnya” (gambar di bawah). Neat work 🙂

Workspace file manager-nya bisa ditata dengan tampilan kolom, detailed view ataupun tampilan ikonik (gambar di bawah).

Yang juga menarik dari tampilan antarmuka (interface) OPENSTEP adalah scroll bar yang terletak di sebelah kiri. Sebenarnya hal ini akan lebih menguntungkan sebab lebih gampang untuk menaik-turunkan (scrolling) teks yang sedang kita baca, dan juga memberikan keuntungan bagi orang kidal (gambar di bawah) *hore, orang-orang kidal bersorak riang*

Control panel yang berkonsep “visually appealed”. Cantik sekali. Bikin betah berlama-lama bagi kita untuk menyeting semua visual appearance & application behaviour dari komputer personal kita (gambar di bawah) *alasan kenapa cewek cantik banyak dicari cowok-cowok :D*

Salah satu aplikasi pengolah gambar OPENSTEP, Diagram!2. Mbahnya Corel, maybe? (gambar di bawah)

Salah satu tampilan favorit saya, jendela perambah (browser) bawaan OPENSTEP. Look how neat those icons are. Simple. Iconic. No text at all, No problem (gambar terakhir, di bawah).

Advertisements

2 comments on “OPENSTEP 4.2 From Jobs’s NeXT

  1. “Apakah anda mau berjualan air bergula seumur hidup anda ataukah anda berkeinginan untuk mengubah dunia?” Demikian sentence yang diucapkan Steve Jobs saat berusaha meminang John Sculley yang saat itu memegang jabatan sebagai presiden Pepsi-Cola agar mau masuk ke Apple Computer.

    Ini aku pernah dengar dari film “Pirates of The Silicon Valley”. Pernah nonton film-nya bro?

    Btw, I always read and enjoy your posts bro. Keep them up. While my blog is now dead in the water! Shame on me.

    • Pirates of the Silicon Valley. Ga mungkin lupa ama film yang satu itu. Masih aq simpen filmnya ji. Inspiratif banget soalnya.
      Wah bisa aja kamu bro. Senengnya ada yg baca tulisan2 di blog ini ha3. Keep writing brotha. Don’t give up 😀

Mau komentar?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s