Uplink-When Trust is A Weakness

Introversion Software memiliki track record yang bagus dalam pengembangan game-game untuk Linux. Beberapa game berkualitas bagus telah mereka keluarkan. Game terbaru mereka yang akan saya bahas kali ini adalah Uplink.

Uplink (saya jamin) bakal amat berbeda dengan game-game yang sudah pernah kita mainkan sebelumnya. Dalam Uplink, kita akan berperan sebagai seorang freelance cracker dengan berbagai tugas seperti menyusup ke dalam jaringan komputer perusahaan target, mencuri data, membobol akun bank, membajak komputer rival anda sehingga membuatnya ditahan pihak berwajib serta mengacaukan pasar saham. Dirty jobs..

Bila kita sebagai pemain semakin berhasil menjalankan misi, maka uang honor yang didapat juga akan semakin meningkat. Dengan uang tersebut, pemain bisa membeli aneka tool dan piranti lunak yang lebih canggih untuk menjalankan tugas lain yang lebih sulit (baca: menantang). Tujuan utamanya adalah menjadi seorang “l33t” (elite) cracker.

Fokus pemain juga dibuat sesuai kondisi riil. Pemain tidak hanya berusaha melaksanakan tugas “membajak” target-targetnya, ia juga harus memperhatikan “keselamatannya sendiri”. Setiap kali ia terkoneksi dengan korban-korbannya, jalur koneksi ini rupanya bisa dilacak (traceable). Solusinya, terkoneksilah dengan sebanyak-banyaknya komputer-komputer yang berbeda, sehingga pelacakan akan memakan waktu yang lebih lama & pemain bisa melancarkan misinya semasih belum tertangkap. Wuih, cracker abiesss.

Tampilan antarmuka (interface) game yang bernuansa gelap ini amat sesuai dengan tema yang diusung, selayaknya seorang cracker yang bekerja di ruangan gelap dan tersembunyi dari khalayak ramai.

Menggiurkan juga ini game! Serasa jadi Takagi Fujimaru a.k.a Falcon di sinetron Bloody Monday itu. Oia meskipun sisi teknis game & temanya relevan dengan kejadian nyata (misalnya penggunaan jargon gateway, server, ip address dan segudang istilah jaringan komputer lainnya), sebaiknya tindakan meng-crack hanya dilakukan di game ini saja. Yah buat muasin hasrat ngobok-obok & ngebajak komputer orang lain di dunia nyata. Kenapa? Soalnya tindakan cracking tanpa ijin dan tanpa etika memiliki sangsi hukum yang tegas (kalo ketauan sih.. Kalo ngga ketauan, brarti anda HUUEEBAATT. *sembah sujud* :D).

Dear readers, consider I have forewarned you all, this is just a game.. An addictive game. Saya sudah sempet mencoba & hasilnya, saya punya kerjaan sampingan baru pada tengah malam selain berburu tuyul: berusaha menjadi seorang elite cracker. LOL. Versi full-nya berbayar, 20 poundsterling. Worthed investment untuk game sebagus ini.

Link trial versi windows & linux (gunakan WINE untuk instalasi pada platform linux) bisa didownload lewat link ini.

Advertisements

3 comments on “Uplink-When Trust is A Weakness

Mau komentar?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s