Ren’Py Visual Novel Engine

Dulu saya pernah familiar dengan software RPG Maker. Software dengan plugins bejibun ini saya beli versi Playstation 2 nya dan beberapa kali saya pakai untuk bikin game RPG (Role Playing Game). Wah rasanya memainkan sesuatu yang kita bikin sendiri itu emang ngga ada duanya.

Kini, ketika berkutat mau belajar Python untuk bikin sesuatu (baca: games :D), kok rasanya ada tembok tinggi yang menghadang ya. Logic saya kurang (lemot he3). Learning curve-nya Python sepertinya makin terjal aja dari hari ke hari. Ada ga sih engine berbasis Python (atau engine dengan embedded Python di dalamnya) yang bisa dipakai dengan gampang oleh newbie kaya saya ini?

Ternyata ada! (Thanks for Google). Ren’Py Visual Novel Engine yang saya temuin beberapa jam tadi sepertinya mumpuni. Saya browse ternyata software ini didukung oleh embedded Python di dalemnya. Udah ada bejibun Visual Novel Games yang dibikin dengan engine Ren’Py. Daftarnya bisa dilihat di sini.

Baca donk komentarnya Eileen (pembimbing cantik dari tutorial Ren’Py di bawah ini). Yuhuu, there’s hope for us to make a great visual novels without backpain and headache! Ganti genre nih. Dulu bikin RPG, sekarang bikin Visual Novel. 😀

Silahkan download disini (tersedia versi Windows, Linux dan Mac).


2 comments on “Ren’Py Visual Novel Engine

  1. Hore posting lagi, ngiri aku hehe.

    Aku malah lagi suka ngeprint buku numb3rs terus baca, abis baca, puter ulang film-nya. wow, pengalaman belajar yg menyenangkan bukan. 🙂
    Seandainya saja ini terjadi di dunia perkuliahan yang nyata ….

Mau komentar?

