Getting Things Done With Chandler

Getting Things Done (GTD) adalah metode organisasi diri (a note to self organizational method) yang berprinsip bahwa seseorang akan bisa menjalankan aktifitas dan tugas-tugasnya jika daftar aktifitas dan tugas yang harus dilakukan itu dicatat secara eksternal. Kenapa? Karena jika dicatat (pada media bantu) maka pikiran kita akan terbebas dari kegiatan “harus MENGINGAT semua aktifitas dan tugas yang harus dilaksanakan”, sehingga pikiran dan tenaga kita akan bisa lebih fokus & terkonsentrasi untuk MENJALANKAN daftar aktifitas dan tugas itu secara AKTUAL.

Saya rasa sudah banyak orang yang tertarik dengan konsep Productivity Management System yang ditulis David Allen ini. Bila media kertas seperti dalam tulisan orisinil di bukunya dirasa kurang praktis untuk para desktop-worker (seperti saya & anda ^_^), dan bila media piranti lunak GTD komersial dirasa terlalu mahal, maka sambutlah Chandler, aplikasi GTD bebas biaya.

Chandler memiliki beragam fitur yang sangat membantu kita meng-organize semua rencana, daftar kegiatan, tugas dan aktifitas lainnya. Fitur-fitur Chandler bisa dilihat secara lengkap disini.

Ragu mau pake Chandler? Bisa browsing-browsing dulu tentang pendapat orang-orang yang udah pake disini. Untuk versi Windows, Linux dan Mac bisa didownload disini. Selamat menerapkan GTD! It’s truly a productivity-boost method!

Advertisements

8 comments on “Getting Things Done With Chandler

  1. Yeah, ada lagi GTD enthusiast :D. Klo mau, cobain evernote bro. Klo gak salah ada versi windows nya, sayangnya linux gak ada, tapi pake wine kan bisa. Evernote ini bisa untuk capture apa saja. Web clipping, notes, screenshot, hasil scanning juga bisa. Bahkan ada text recognitionnya segala (ini belum aku tes sih). Cocok sebagai in-basket di GTD.

    Ada juga aplikasi yg keren untuk fast note-taking yg sedang aku cobain, notational velocity. Tapi sayangnya hanya jalan di Mac :(.

    • masak sih ngga bisa? udah pilih yang installer buat windows kan? jgn2 km download yg versi linux ato Mac nih ndah??

      harusnya sih sukses. coba lagi deh. mungkin file downloadannya korup karena sinyalnya putus-putus.

Mau komentar?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s