Pernah Dapet Kiriman Surat Begini?

Heran deh. Pak Pos yang nganter surat ke rumah saya sering kali ngga masukin surat-surat kiriman ke kotak pos yang udah saya pasang di depan rumah. Kenapa ya? Seringnya dijepit di pagar rumah. Untungnya ngga terbang kebawa angin ato basah kalo misalnya pas turun ujan.

Kaya sekarang ini. Pagi ini, bangun tidur saya liat ada surat dijepit di pagar. Duh lagi-lagi. But nevermind, anyway. Surat yang saya terima lebih menarik untuk diobrolin. Surat beramplop warna coklat itu berasal dari PT INTAN MANDIRI, beralamat di Sukarame, Bandar Lampung. Di dalemnya berisi Surat Ijin Usaha dan Perdagangan (SIUP) – BESARΒ  dari seorang pengusaha bernama Gunawan Fauzi. Jadi cerita, pak Gunawan ini memiliki SIUP dengan jenis barang / jasa dagangan berupa: Alat Komputer, Alat Teknik / Mekanika / Elektrikal Telekomunikasi, Rumah, Gedung / Jasa Pengelolaan Gedung dan PERTAMBANGAN MINYAK BUMI dan GAS. Sampai tahap ini saya berdecak kagum. Ckckck.

Inti suratnya? Gini. SIUP sang pengusaha tadi berlaku sampai dengan 24 September 2012. Dari impresi yang saya tangkap, sang pengusaha mau mengalihkan SIUP ini ke orang lain yang berminat. Data-data di SIUP cukup meyakinkan. Ada NPWP-nya. Ditandatangani oleh Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Propinsi Lampung. Ngga ketinggalan, ada foto sang pengusaha. Di dalam amplop juga disertakan cek yang bisa diuangkan oleh pembawa cek (saya dunk?) dari Bank Mandiri cabang Tanjung, Bandar Lampung senilai 1 milyar rupiah.Β  Saya berdecak kagum lg. Ckckck. Sampai akhirnya saya menemukan beberapa kejanggalan.

Kop surat dari Dinas Perindustrian dan Perdagangan PEMDA Lampung tidak meyakinkan. Jelas-jelas hasil cetakan printer dpi skala menengah, bukan hasil cetakan dari printer yang biasa digunakan untuk mencetak surat-surat berharga. Beberapa gambar luntur waktu saya tes dengan air. Kop suratnya pun tanpa emboss metalik layaknya surat-surat resmi.

Cek dari Bank Mandiri pun setali tiga kutang, eh tiga uang πŸ˜€ Sepertinya diprint dengan menggunakan alat yang sama. Paling keliatan di bagian meterai-nya. Bukan meterai asli. Lagi-lagi, hasil cetakan printer.

Memang ada nomor kontak personnya sih. Alamat surat plus nomor telepon kantor dan nomor pribadi. Tapi sampai saat ini belum saya tindak lanjuti, karena udah ilfil duluan liat kualitas cetakan surat & cek yang mlobor-mlobor gitu πŸ˜€

Pernah dapet surat yang senada?

130 comments on “Pernah Dapet Kiriman Surat Begini?

  1. @ajooy
    Lha itu yang jadi misteri bro. Ha3. Kirain beneran ngajak bisnis itu si bapak pengusaha. πŸ˜€

    Menurut si pengirim surat, itu cek bisa diuangin ama yg megang ceknya. Lha menurut BANK pastinya ngga, hasil print2an gitu ha3.

  2. @Anonymous
    alo bro/sis anonymous (?)

    wah sebaiknya kalo dapet surat ky bgitu, dicek dengan teliti aja. kemaren, di tipi, salah satu artis senior ibukota juga kena penipuan lwt surat-surat semacam ini. biasanya yg ditawarin adalah tawaran bisnis/rekanan.

    ati2. banyak org jahat bersliweran πŸ˜€

  3. gw jg dapet, sama persis dengan yg u posting diatas. tapi no telp HP beda belakangnya. gw telp nyambung n sempet bicara sama orangnya. trus gw kirim balik tu surat ke alamat yg dia(gunawan fauzi) kasih ke gw, maksud gw si mau balikin aja soalnya gw pikir tu penting banget & kasian jg yg punya sampe kehilangan surat seberharga itu.trus dia janjiin uang 35jt kl mau dipulangin. 3hr yg lalu baru gw kirim tu surat n pastinya udah sampe.tp smpe skrg gada tanggepan apa2, meski udah gw sms n call dia. anyway thx bro buat infonya..

  4. pernaaaaah… adik aku tepatnya, tapi bedanya dia kan kirim undian dari oli mobil gitu deh, terus dikirimin surat dapet mobil XENIA! adikku yg waktu itu masih pengangguran udah kayak kejatuhan durian (sakitttt dunk) teriak2 gitu ke nyokap bokaaap.. “aaaahhhhh mamamaaaa maamaaaa, ncaaa dapeeet hadiah mobil” nyokap yang lagi asyik2 mimpi di siang bolong langsung loncaaaaat dari tempat tidur.. hihiihihhi.. dan lucunya di suratnya itu dilampirkan undian yang dikirim adikku lengkap dengan tanda tangan adikku… jadi siapa yang kira itu tipuan, padahal itu dari merk oli yang terkenal.. hihihihihhihi.. ternyata tipuan belaka!!! hahhahaha.. so becareful guys

  5. bner ndah. klo yang kaya gitu biasanya yang maen org dalem. dia ngambil tulisan asli dari undian yang pernah kita ikutin. dulu adekku dibilang dapet suzuki satria. padahal setelah cek di majalah, hadiah paling tinggi itu cuma tape compo. ha3. ketauan bgt bokisnya itu oknum.

  6. lha itulah boss, ni disini bru aja heboh kena kirimi cek 1 milyar, uda yg nemu tukang becak bingung juga aku mau tanya kemana, lha untung langsung online jd disini bnayak orang kena tipuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuu, makasih infonya bos.

    • halo bro Soli. buset, ini surat sudah meresahkan banget ya. saya rasa udah ampe ke seluruh pelosok Indonesia. Ada yg dikirim via pos, ada yang dijepit di pagar depan rumah ato diletakkin di bagian bawah lubang pintu. Niat bgt yg ngirim ya.

      Sama2 bro. Postingan saya juga berawal dari rasa heran & bertanya2. setelah saya posting ternyata bnyak rekan-rekan yang senasib. tetep waspada.

  7. thx’z bgt S0
    b dh nulis ttg surat dr PT.INTAN MANDIRI yg ngirim ampl0p c0klat itu, q jg ru dpt td mlm. Ad SIUP n cek senilai 1milyar, tp gk ad tulisan kl0 dpt di uangkan di BANK MANDIRI. cm l0m q cek scr detail.,
    thx’z bgt ats inf0 ni..

  8. ah, ternyata ada jg temen ketipu gw…..gw juga pernah dapetin tu amplop…..kurang ajar ternyata gw ketipu.

  9. Aq juga pernah dapat bos, tak hub K nomor Tersebut D dalam juga menyatakan Bahwa Pihaknkya Memang Merasa Kehilangan. Bahkan mereka minta surat tersebut dikembalikan

  10. makasih mas infonya, bapak saya juga dapat surat seperti ini terus saya cek. Alhamdulillah nemu blog mase jadi bisa buat yakinin bapak biar gak tertipu. mkasih mas

  11. Wow,, suratnya menggiurkan.

    Tapi saya lihat dari cara penyampaian surat atau isinya, mirip-mirip dengan E-Mail Spamming. Ya, spam lewat pos, mungkin. Haha

    Awalnya kita diajak berbisnis, terus percaya ke si Pengusaha tadi, dan kita disuruh kirim Uang ke dia. Syukur-syukur kalo cek 1 milyar nya bisa dicairkan…

  12. @cucu: modus penipuan sekarang bermacem2 bro. pelakunya makin kereatif aja emang ^^
    @imam: sopo sing asu kang? haha
    @neng: 4o juta? waduh bnyk bner ketipunya. waspada loh neng. diurus ke polisi gimana hasilnya? mungkin bisa dilacak kantornya (kemungkinan sih fiktif alamatnya….)

  13. aku dapat surat sejenis, hari ini. Nama sama poto beda. Mau ditindaklanjuti tapi curiga. Iseng-iseng nyari . kebetulan ada info ini. Makasih. ..ini dari Garut

  14. Aq jg bru ja dpt nech,tp yg beda siup brlakusmp 24 sptmbr 2014.dri awal uda ragu lgsg aja bka di intrnt,trnyta emg penipuan..ck.ck…

  15. sma… gw kmren hrie senin juga nemue thu amplop brisikan SIUP ma chek snilai 1M.. gw jga smpet d tlfon ma org’e… pke lank bkal ngasih imbalan 50jt… paan thu,, tpie pda knyataannya ga ad kbar sma seX… resex bngetz yaw… shruznya,org” spt ithu wajib di laporin ma pihak yang berwajib….

  16. @cuena: wuah korbannya makin bnyk aja ya. hati2. tetep waspada
    @dita: ngasih no rekening? nomernya doank kan? bukan atm/buku tabungan? sebaiknya klo misalnya rekening ayah km diapa2in, blokir aja ke banknya.

  17. Tank infonya ea plend…td mlm aq jg dpt amplop yg gt’an semuanya sm persis cuman fotonya beda aq dpt fotonya agak tua pakek kaca mta…sempat aq telp bla bla bla…intinya ia minta no regkening bank aq tp g aq kasih…hehehehe….! Dasar peniup moga2 aja dri trima d sisinya.modus penipuan memang skrng bermacm2 caranya…”waspadalah waspadalah”

  18. @rama: wuahahaha. foto yg km dapet yg versi pake kacamata? πŸ˜€
    ayo siapa lg yang dapat versi lainnya? mungkin yang fotonya versi botak? atau berkumis tapi gondrong rambutnya?

    ada2 aja. thx dah mampir rama. i’m glad I can help you with this article.

  19. thanks infonya bro,temen gue barusan jg dapet dan bingung,gmbarnya pek kacamata. kini aq bs jelasin deh am dia. emang kita jgn mudah tergiur dengan harta besar tanpa usaha juntrungnya kena tipu

  20. assalamualaikum,aku epul dari ciamis,bapak aku juga dapat surat dari PT INTAN MANDIRI di jln P.AMBON,sukarame 14-c9 no 547,BANDAR LAMPUNG dgn telp 0721 888999 dan 0818 931 479
    yg berisi SIUP DAN CEK 1 MILYAR,dan saya terima kasih atas infonya,karena dapat melegakan banyak orang di lingkung keluarga saya.menurut saya mereka harus dilaporin karena meresahkan masyarakat, thaks atas infonya,wassalamualaikum wr.wb

  21. thx bro.infonya, barusan gw nemu kegeletak duit atu miliar katanya,” hari gini????? yuhuuuuuuuuu gembira riang,,
    ow asu……….ow..ow.ow……crot”…gk mau gegabah cek dulu di internet, huh sedih juga gak cuman gw dapet, artinya itu paslu”…itu dusta………hik’s dan crot..crot forum ini mematahkan hatiku ihikkk…………..sumpah TOLONG JAWAB tujuan ni orang rajin begitu, apa coba……………??? hik..z…makan kupat, eunak gila,makan tuh dasar Psikopat gila!!!!!!!!!!!

  22. betul tuh crott….crot… gw jg dapet… malah bisa dicairin nih crot.. ampe batin gw ikut cair… asu nemunya malem pas dijalan, ga keliatan hasil print.. pas balik ke rumah, gw lihat ko? hasil cetakan print-nya bagusan punya gw, Dammm tukang tipu kena tipu!!!!!………………………………………………………………………………crot…

  23. bini gue juga nemu….,hehe kraetif juga tuh orang, mana SIUPnya sampe ke Jawa lagi…
    he he…tapi kurang kereaktif dia, perusahaannya kok sama terus….jadi mudah dilacak……….,,,

    • oiya ya, harusnya nama prusahaannya diganti biar calon korban nya ngga gampang nglacak ya.
      btw bung tompel ganteng ini berbakat kriminil juga ya? ha3. bcanda. semoga postingan ini membantu πŸ˜€

  24. aku juga dapat barusan ,tapi fotonya beda banget ,dia udah hubungi saya katanya udah disiapin uang 50.000.000
    buat ucapkan terima kasih ujung2nya harus bayar pajak 5% kalau mau cair uang itu

  25. akan aku kerjain orang itu ,masak semua sama persis ,fotonya beda banget .aku udah ngasih no rekBRI untungnya dananya tinggal 100.000 besok disuruh bayar pajak 5% dari 50.000.000 terus aku disuruh tranfer pajak ke rek BI dia akan beri petunjuk

  26. ihh….iya…kemaren seminggu yang lalu bokap q juga dapet surat semacam iti…persisi banget suratnya…..dan pemiliknya juga pak Gunawan fauzi…katanya sihh dapet imbalan 50 juta….Sekarang juga udah di kirim dah 6 hari yg lalu….eh sampek skg belom ada tanggapan…apa sih maksutnya….iH…moga Yang Maha Kuasa membalasnya Cz dah nipu orang banyak rupanya….

  27. gw juga dapet cuma nemu di depan pager gajelas gitu ngampar pas gw buka beginian
    ga mau ambil pusing cari tau nama PT di mbah google

    • @adjie: ha3. km dapet versi yang beda fotonya ya bro? selamat loh udah jadi jutawan. ha3. ada2 aja ya cara2 org jaman skrg cari “pemasukan”. terlalu.. (pake logat rhoma irama biar asik)

  28. aaha tarimakasih atas informasinya di kampung kami Banjarnegara desa purwonegoro ada yang menemukan surat dan cek yang isinya sama persis, hanya saja foto orang dalam surat berbeda. hati-hati ni benar-benar penipuan…….Alhamdullilah setau saya belum ada yang kena tipu.

    • @agung: senang bisa membantu bro, walopun lewat tulisan.
      wuah surat ini memang udah nyebar seluruh nusantara ya? duh niat bgt ini yang ngirim surat.
      syukurlah klo belum ada yang kena tipu, bro agung πŸ™‚

  29. isinya sama,siupp sampek ceknya tuh sama,yg bikin beda sama kasus di atas,foto presdirnya tapi nama presdir sama,nomer CP beda jg..dasar siluman tuh….

  30. baru aza saya dapat sama sperti diatas.
    tp contak person perusahaannya beda + poto dirut jg beda…
    tanggal bea materai lunasnya beda..

  31. alhamdulilah berkat amplop coklat yg berisi cek 1milyar saya bisa buka usaha dan beristri dua skrg hidup enak terima kasih bp fauzi moga sukses

  32. deni&yosep,km jgn jgn temennya soalna dari sekian bnyk ah mn mungkin dapet,gila lu ga bisa lihat…….km memprovokasi,.,.,.

    • @oos: bangkrut knp bro? kena tipu kah?

      @aqmal: km bener bro.
      utk informasi, deni & yusep itu org yg sama. alamat email & ip addres wktu dia ngepost komentar diatas juga sama.
      entah apa maksudnya. πŸ˜€

  33. gemabuluk, pagi ini penjaga kosan gue juga ngedapetin surat sama persis persis persis!!! cuma foto gunawan fauzinya yang beda dan masa berlaku SIUP berlaku sampai tanggal 24 September 2014…
    sepertinya ini emang modus penipuan kali ya,hehe…
    nanti fotonya aku upload ke tumblr aku kalo mau cek.

  34. Ternyata banyak orang menemukan hal yang serupa, kali ini terjadi di Garut.
    Saya heran, apa sebenarnya motif mereka melakukan semua itu?
    Cara mereka deliver amplop tersebut berbeda-beda. Ada yang dikirim via pos, ada yang digeletakan di pinggir jalan, dan ada juga yang meletakkannya di halaman rumah.

  35. udah ketemu belum si orang ini???40juta melayangggg. . . . .aku pusingggg…mulutnya gunawan fauzi itu lohhhhhh. . . ya Allahhhh 😦

  36. udah ketemu belum si orang ini???40juta melayangggg. . . . .aku pusingggg…mulutnya gunawan fauzi itu lohhhhhh. . . ya Allahhhh 😦

  37. Istriku mendapat Amplop depan bengkel kami berisi SIUP dan Cek Bank Mandiri satu milyar
    persis seperti diatas hanya pasphoto di SIUP yang berbeda

  38. wah ternyata… byk yg ngalamin, versiku foto nya yg pake kacamatan SIUP nya berlaku sampe 23 sep 2014. aku dibogor.baru search internet, tadi sodaraku yang nemu,lapor ke aku krn dia ga punya no rek.kasian bgt sodaraku, ngarep bgt, krn termasuk org yg ga mampu…alhamdulillah , dia lapor ke aku, n aku cek diinternet.baca ini.makasih ya

  39. huum nih….
    aku juga barusan dapet, tapi pic ny juga beda. klo isiny semua sama.
    iseng2 aku telp no ny katanya minta no rek dan mo di transfer 25jt ke rek aku.
    Gila yak…..

  40. sugan teh enya menang amplop teh bakal jadi duit kalakah kudu miceun duit dasar apes lain milik di kodim bagja di koramil dasar penipu tolol belegug di doa keun sing kasuuuuunaaamian tu8juh turunan

  41. aduhhhh kecewa gua kta dia mau d krm 50 juta eeehh malah nipuuu
    ajing pisan eta jelema ka ciri we nipuna th mau minta d transper dulu 3jta

  42. aw ahahahahahahahahahahaha kok putuzzzzzzzzzzzz tolong kepada semua awas ketipu dan

    tolong no hp nya di caci maki ke pada semua

  43. gua ksihhh tau pada para penipu mendingan jgn buang buang pulza
    mendingan buat keperluan lain ya hahahahahahahaha
    πŸ˜‰
    πŸ˜‰
    ;):)

  44. Dancox benar tuh orang, gua bangun pagi ketemu juga tuh surat, niat aku baik mau kembaliin tuh SIUP ama CEK 1M, terus ditawarin 35Jt untuk di antar langsung ke Lampung. Dia minta No Rek, Gua kasih Rekening BRI yang saldonya lumayan besar, iseng-iseng gua cek PT. Intan Mandiri Lampung, ketemu de postingan ini, ternyata ngibul dia, langsung cepat2 gua ke ATM buat narik saldo gua, alhamdulillah selamat saldonya masih ada, gua tarik semuanya, hahhahhahahah takutttttttttt aku.
    Bolak-balik dia telpon sekarang giliran gua ngerjain dia, gua bilang saldonya gua di atas 100juta, dia suruh ke atm buat ini itulah, padahal gua asik online niihh…

  45. Nyokap gw jga dpt,untung gw liat yg tliti ya ky’y cie asli ya udh gw kaci no rkning gw ya sldo’y cman 100 ribu.
    Trz gw ga ke ingetan gtw liat di intrnet pas ingt’y ckrang pas gw buka ternyata penipuuuuuaaaaan.
    Ya udh gw maki2 aja tu orang’y.
    AWASSS PENIPUAN.

  46. hari ini (tgl 30 april 2011) saya juga barusan dapat bro…, persis plek 1000x, sama yang ada di atas. nomor cek nya juga sama. dan yg lebih geli lagi…, saya temunya di jalan. kehujanan lagi. dan fotonya, beda ma punya situ.
    semoga artikel ini bermanfaat bagi yang lain.., apa kita kerjain aja yo rame2. kan ada no telp nya…. (he he he….)

  47. @ inne : hahahaha aseeeeemmm juga… gw dah seneng2 mau dpt duit tebusan malah ternyata bajingan bertopeng amplop… untung rekeningku dah aku blokir duluan..

  48. Hari aku baru nemu dan nelpon,katanya mau ngasih imbalan 35 juta,Awalnya alhamdullillah…
    Eh orangnya nelpon lagi..
    Suruh cek ke ATM…
    Busyet ngapain ngecek ke ATM cuma cek saldo doang…
    Dah canggih bank ada saldo masuk langsung dapet informasi dapet tranferan
    EH Bajingan Sialan ANDA Salah orang kalo mau nipu saya…
    Doa AQ.Mudah2an Anda mendapat Hidayah sehingga mau menetapi Qur’an Hadist.Amin
    Sehingga menjadi orang yang sholeh dan tidak menipu lagi…..

  49. malah aq pagi ini dpetnya . . nemuin di dpan pgar rumah . . . tertera di siup ada laba bersih dan modal sbesar 47 miliar . . . sya lhat2 suratnya terlihat janggal dengan print yang ga meyakinkan blasss . . . ada aja usaha org ingin nipu org . . .
    foto nya juga beda ini . . . .

  50. serviskomp : sippp . . . biar tau rasa tu org . . mau nipu kita2, eee yg ada malah kamu tipu ganti . . . hgagagagag

  51. bru gw tadu siank juga dapat cek model kayak gt dengan foto pake kacamata,,,,,asuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuu….kena tipu gw,,,,,,,,ehmmmmmmmmmmmmmmm

  52. wah sya juga dapet bro,tapi saya sdah kna 900rb.tp untungnya cm sgtu,cma mslahnya sya ksh tau no rekening sya komplit bro, trus ni gmn?apa penipu itu msh bisa nguras tabungan sy lewat no rekening sya yg sy kirim itu

  53. Gema, miripppp, serupa tapi tak sama, sebelas duabelas, pernah dpt kaya gitu di halaman rumah, mau posting di blog tapi lupa nyelipin di buku mana. Kasian ya, cari uang tambah susah kayaknya

    • hi esti πŸ˜€
      ati2 loh, hanya dgn ngasi no rekening, saldonya bisa disedot. desas desusnya gitu.
      mirip modus pencurian pulsa itu.

      btw dpet foto bapaknya yg kaya apa? ada yg dapet yg versi kumisan, versi botak, versi gondrong, versi klimis.
      ngikutin trend terus itu foto si bapak πŸ˜€

      esti ada blog? boleh donk tukeran link πŸ˜€

  54. KEMARIN SAYA ADA TEMUKAN JUGA AMPLUP SEPERTY YG DATAS. BERSAMA TEMAN ANGGUTA POLRI DIA SEDANG MELACAK KEBERADAAN ORANG TERSEBUT

  55. Gue baru kemarin siang dapet, tapi cuma surat cek nya doang gak ada amplop2. Gue malah dikasih langsung cek nya dan disuruh periksa ke bank mandiri. Gue takut cek ke bank nya, kalo tau2 bla bla bla kan, bisa2 gue diciduk polisi. Ada masukan gak frens?

  56. Td mlm syam dapet cek danamon 2.800.000.000….sama jg dapet depan pagar.. .sdh janggal siupp dril bontang kalimantan pdhal akunya di karanganyar solo jateng.. .mafia Bgt hehe. ..mgkin penipunya jg ikut komentar disini yg ktnya Bs diuangkan. …hahaha. …biar utk meyakinkan sj kales.. ..selamat ya yg bs diuangke. ..kasihaaan

  57. Saya juga dapat nih dari pt. Mitra surya perkasa dg alamat di kaltim, ada cek nya juga 4 milyar, mau saya kembalikan ke alamat pemilik yang tertera tapi jadi risih takut kena masalah. Surat siup dan cek nya seperti palsu, jadi tidak saya tindak lanjuti.

Mau komentar?

