Download Entire Web Page With Offline Explorer

Pada postingan terdahulu, saya pernah ngebahas tentang kombo Screengrab dan Image Viewer (Quivi dan Comic) untuk menikmati hasil-hasil “tangkapan” di situs-situs favorit kita masing-masing. Tapi, cara diatas punya beberapa keterbatasan. Anda-anda yang udah praktek pasti udah nyadar akan hal ini. Ya, hasil “tangkapan” Screengrab terbatas untuk satu halaman penuh saja untuk setiap kali capture.

Gimana kalo misalnya kita mau nyimpan data-data satu situs? Yeah, I mean the entire web page. Crazy, huh? ๐Ÿ˜€

Offline Explorer membuat impian di atas bisa jadi kenyataan. Sebenernya, saya sudah familiar dengan software dari Meta Product ini sejak awal tahun 2008 lalu. Jadi bisa dibilang kalo postingan kali ini ketinggalan kereta banget. Tapi, berhubung banyak rekan-rekan yang belum sempet tau, maka saya posting tulisan berikut. Sekalian, saya mau ngucapin tribute yang sebesar-besarnya buat Meta Product yang udah ngebikin software keren ini.

Versi Offline Explorer yang saya pakai adalah versi Windowsnya. Download disini atau disana. Ngga tau apa ada versi Linux & Mac-nya ato ngga. Silahkan dicek sendiri ya ๐Ÿ˜€

1. Cara menjalankan aplikasi ini gampang banget. Setiap ada projek situs yang hendak disimpan, kita hanya perlu mengaktifkan opsi New > Wizard saja. Masukkan alamat situs yang mau di-save. Beri nama projek yang mau disimpan. Bukannya narsis, project URL di bawah cuma contoh aja kok ๐Ÿ˜€ (Bokis mode: ON)

2. Batasi level limit situs yang ingin kita simpan. Idealnya, opsi Levels Limit ini kita matikan (uncheck) jika kita hendak menyimpan seluruh halaman situs.

3. Selanjutnya, pilih opsi “Load only within the starting URL” dan di bagian bawah, centang tanda “Load Images from Any location”. Opsi ini akan menghasilkan “tangkapan” situs yang lengkap baik dari segi isi maupun kelengkapan gambar-gambarnya.

4. Yang patut jadi perhatian kita, langkah-langkah penyimpanan bisa memakan waktu yang lama (tergantung padat tidaknya isi situs). Setelah berhasil pun, storage yang diperlukan untuk menyimpan situs juga lumayan besar. Saya punya pengalaman men-download situs yang besarnya 300an MB. Download-nya pake koneksi gratis di wifi hot spot dan memerlukan waktu hampir 6-7 jam. Enam jam duduk dengan sabarnya sampe prosesย  selesai! Bego atau kere nih orang? ๐Ÿ˜€ Plis don’t try this! Tidak direkomendasikan buat anda-anda yang lagi kena ambien ๐Ÿ˜€

5. Okeh anggep proses download sudah selesai (pffiuh!). Secara default, hasil tangkapan ada di drive C di folder “download“.

6. Buset, hasil download satu situs aja tapi kok folder-nya berceceran gini? Gimana ngaksesnya nih? Tenang. Kita cari di dalem folder yang namanya sama dengan nama situs yang kita save. Dalam contoh diatas, saya men-download situs beralamat “frijal.com” jadi kita cari di dalem folder bernama sama. Udah? Cari file berformat .htm/.html bernama “Index” atau “Default”. Klik kanan dan pilih opsi “Open With” dan pilih web browser kesukaan anda untuk menikmati keseluruhan situs secara offline ๐Ÿ˜€

7. Bila dirasa terlalu repot untuk membuka situs dengan cara diatas, ada cara lain. Situs yang tadi kita download bisa kita export ke dalam format yang lain, misalnya format CHM (HTML Help File) yang lebih ringkas dan nyaman untuk dibuka. Caranya? Pada tab “Project” di sebelah kiri, klik kanan pada projek situs yang hendak kita konvert, pilih opsi “Export”. Tuliskan “destination directory” tempat kita akan menyimpannya. Pada opsi “Put Files To”, pilih opsi “HTML Help (CHM File)”. Kemudian klik “Export”.

8. Selamat menikmati situs-situs favorit anda dalam format CHM. Offline surfing is better in this kind of way ๐Ÿ˜€

Advertisements

6 comments on “Download Entire Web Page With Offline Explorer

  1. Wah kok ada ya yang bisa ginian *gak terdidik banget nih kalimatnya*. Tapi kebayang sih kayak gimana gedenya, ngabis-ngabisin kuota internet yang cuma 3 GB sebulan. Pas dulu deh untuk sementara. Tapi trims ya informasinya. Lain kali kalo ada yang nanya saya bisa jawab… *siapaa lagi yang mo nanya aku*

  2. @Andini Rizky
    he3. dulu karena niat aja bu jadi rela duduk lama2. sekarang koneksinya bgini lelet, kadang harus di pause, trus diresume besoknya. kadang harus aktif download 6 jam sehari selama 3-4 hari.

    dulu pernah saya terapin ke friendster org juga, opsi limitnya lupa saya batasin. mpe 6 hari ngga selesai-selesai. harddisk kemakan bnyak.

    ato pake Evernote aja bu. ada fitur kaya screengrabnya juga. bisa buat backup tulisan di blog. ada built-in text editor yang bisa dipake ngetik postingan. lengkap ๐Ÿ˜€

    http://www.evernote.com/about/download/

Mau komentar?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s