Songbird-Recent Best Media Player

Update: Link download Songbird disini (sori kemaren kelupaan)

Morning, sunshine! Heh? Si penulis buta waktu ternyata. Ngga, ini ungkapan kebetean saya aja. Ni postingan semanget-semangetnya mo saya kirim pagi ini. Sayangnya, sinyalnya belum bisa diajak kompromi tadi πŸ˜€

Btw, pada dengerin musik apa nih pagi-pagi tadi? Rock? Metal? Dangdut? Jazz? Pop? Klasik? Kasidah? ato malah Nasyid? Genre musik emang bejibun. Ngga bakal abis kalo disebutin satu-satu disini. Beda orang kadang beda seleranya, tapi, kita semua satu perguruan jadi ngga boleh saling ganggu. Termasuk para penggemar Kangen Band. Peace ya πŸ˜€

Buat kita-kita (saya dan dearest readers sekalian) yang (ngakunya) ngga bisa hidup sehari pun tanpa musik, Songbird Media Player bakal bikin kita ngrasain new kind of experience dalam menikmati koleksi-koleksi musik kita.

Suer, ngga hiperbolis. Saya rasa Songbird ini menggabungkan semua good features ala Rhytmbox – Amarok (keduanya media player di Linux) & iTunes (ngga lain ngga bukan, punyanya Mac).

SongBird ini cross-flatform. Jadi tenang, semua bakal kebagian. Ada versi Windows, Linux dan Mac. Ah kelamaan nih cuap-cuapnya. Yuk kita kemon πŸ˜€

Setelah download dan instalasi selesai, kita akan melihat tampilan Songbird yang didominasi warna ungu. Kenapa ungu? Karena Radja udah bubar πŸ˜€ Ngga, karena sebagian besar programmer dan software developer Songbird adalah janda. Atau korban janda πŸ˜€

Ngga suka tampilan default-nya? Boleh diganti kok. Di bagian kanan atas, deket ama tombol Search Library (berlambang kaca pembesar), ada ikon downward arrow (panah mengarah ke bawah). Klik dan pilih opsi Get More Media Views. Begitu di klik, built-in browser Songbird akan mengarah ke halaman penyedia add-ons media views. Ada banyak pilihan di dalamnya, antara lain: Cover Flow, Grid View, Griddy View, Spotbird Artist Browser dll. Saran saya, download semua & cobain satu-satu.

Ngga suka warna default-nya? Bisa ganti themes kok. Themes Songbird disebut Feather. Untuk ngubah Feather, arahkan kursor ke bagian kiri atas. Pilih menu View > Feather > Get More Feathers. Wow, ada banyak pilihan warna dan gaya.

Pengen berdendang tapi ngga punya dan ngga hapal syairnya? Tenang. Arahkan kursor mouse ke kiri bawah. Di dekat tulisan Now Playing ada ikon downward arrow lagi. Klik dan pilih opsi Get More Display Panes dan pilih add-ons Lyrics Masters. Lirik bakal ditampilin di sebelah kanan. Tinggal tarik aja jendelanya untuk nampilin lirik.


Setting Lyrics Master seperti tampilan di bawah ini. Aktifkan opsi Always Save/Never Ask di bagian pertanyaan How Do You Want Your Lyrics Saved? Selain itu pilih opsi No di pertanyaan If No Lyrics Are Found Do You Want To Be Notified?

Ini fitur yang paling saya suka dari Songbird dan ngga ada di media player lainnya (I guarantee!). Untuk ngedapetin lyrics, kita tinggal koneksikan PC/Laptop kita ke internet, & putar lagu yang kita ingin ambil liriknya. Untuk tes, saya ambil lirik lagu band Paramore yang judulnya Pressure. Sip. Liriknya berhasil diunduh πŸ˜€

Berikut tampilan Songbird saya. Saya yakin tampilan Songbird dearest readers sekalian juga ngga kalah keren πŸ˜€

YANG PALING BIKIN TERHARU, Songbird ini bahkan bisa nge-fetch lirik-liriknya LARUKU! Semua lagu Laruku yang ada di album Awake bisa diambil liriknya. Apalagi, lagu FLOWER yang dibikin berdasar kisah cinta saya dulu *huek huek cuih* juga bisa ditampilin.

MANTEPH! *sambil nggak kuasa menahan air mata haru, mendendangkan FLOWER-nya LARUKU*

Sou ki zuite ita gogo no hikari ni mada/ Boku wa nemutteru omoidouri ni naranai/ Shinario wa tomadoi bakari dakedo/ Kyou mo aenai kara/ Beddo no naka me wo tojite/ Tsugi no tsugi no asa made mo/ Kono yume no kimi ni mitoreteru yo/ Itsu demo kimi no egao ni yurete/ Taiyou no you ni tsuyoku saite itai/ Mune ga itakute itakute/ Kowaresou dakara/ Kanawanu omoi nara semete karetai! /

5 comments on “Songbird-Recent Best Media Player

  1. Pingback: Guitar Pro 5 – Install. Play. Rock! « GEEK WITHOUT GLASSES – WIRED TO THE NET

  2. Saya kehilangan lirik saya, maksudnya, kemaren2 langsung muncul, terus hari ini saya ngutak-atik apa gitu, jadi liriknya nggak muncul lagi di jendela kanan.
    Aduuhhh… gak bisa nyanyi nih.
    Boleh dibantu ya.. gimana cara muncul lirik lagi di songbird saya. Emailin ke saya caranya ya. Thankies
    Saya udah nyari tulisan now playing nggak ketemu, dimana sih?
    *kalut dan dodol*

Mau komentar?

