Linux, Windows, Mac dan LEGO.

Saya sempat membaca salah satu tajuk di salah satu edisi majalah Linux World dan tertarik untuk menceritakan isinya di postingan kali ini. Selain itu, mumpung udah dijengukin ama sis Alice karena saya jarang posting belakangan ini. *Sis, khawatir apa kangen sih sebenernya? :D*

Tulisan asli di tajuk Linux World itu berbunyi seperti ini: The current influx of Linux users has a large percentage of non hobbyist and non hackers. They want a computer that just works, a computer that works like Windows. They aren’t interested in spending time setting up Linux to make it work the way they want it. They want it to work like that out of the box. That’s perfectly okay, but from the typical Linux user’s perspective, this is like somebody who wants a Lego car that comes pre-assembled and glued together so it can’t come apart.


It’s baffling. If you want a ready-made model car, buy a toy car. If you want a car you can build and take apart, buy Lego. Why would anybody want a Lego car that can be used only as a toy car? The whole point of Lego is that you have fun assembling it yourself!

This is how typical Linux user reacts to the “Why can’t it just work?” brigade: “If you want it to just work, use Windows. If you want to hack it, use Linux. Why do you want to switch to Linux if you have no advantage of its open-source nature?


Photo Courtesy: From this site
Where am I going here? First, I want to say that Linux today is about as mainstream as you can get. I guess I would think of it as the Toyota of the US car market. Although at one time many people were busy telling us that Japanese cars didn’t really work, Toyota and others continued to gain market share.

Nah, kalo pendapat saya sih begini. Apapun sistem operasinya, bakal lebih baik kalo kita bisa paham seluk-beluk semuanya, jadi jika suatu saat kita harus berpindah dari satu sistem operasi ke sistem operasi lain, kita ngga kagok. Misalnya, saya udah hampir 3 tahun pake linux. Mulai dari Debian, Redhat, Fedora, Ubuntu, Linux Mint sampe akhirnya jatuh cinta ama Mandriva. Cinta berat deh sama linux karena bisa saya apa-apain.

Tapi begitu saya harus memakai komputer di tempat lain (kampus, kantor, rental) yang sudah terinstal Windows, apa iya saya harus koar-koar kaya aktivis/demonstran untuk mengingatkan pihak kampus, kantor ato rental buat hijrah dari Windows ke linux? Ato harus mogok pakai komputer karena ngga pake sistem operasi yang saya suka? Ngga banget kan.

Bahkan, Linus Torvalds sendiri, si pembuat KERNEL linux, dalam video Revolution of The OS bilang bahwa sistem operasi itu berjalan di balik layar. Kita ngga bisa lihat kinerjanya. Yang terpenting justru aplikasi yang ada, bukan semata-mata sistem operasinya. Orang-orang memakai Windows ato Linux karena di kedua platform itu ada software/aplikasi yang bisa mereka pakai untuk menyelesaikan pekerjaan atau tugas mereka.

Memang sistem operasi linux lebih resources-friendly, lebih stabil dan lebih tahan terhadap serangan virus (boleh dibilang aman dari virus). Tapi hal diatas bukan jadi alasan untuk mengolok-olok Windows (jadi malu, dulu saya juga pernah nih bgini :D).

Saya inget, tahun 1994 dulu, saya pertama kalinya belajar komputer ya lewat nginstal windows 3.1 itu. Hari-hari berkutat dengan DOS, berusaha ngompress file biar muat ke floppy disk pake norton commander (padahal temen2 yang laen udah pake winzip hiks2). Windows pernah berjasa dan lekat di hati saya. PC saya yang berbasis i386 aja masih saya simpen tuh ๐Ÿ˜€

Intinya, saya berusaha biar selalu adept. Gampang beradaptasi. Saya adalah OS & Software enthusiast, bukan OS & Software evangelist. Malah ada loh (fake) OS & Software politician. Mau tau sapa? Beliau berkumis lebat dan berbicara paling kencang kalo soal foto & video esek-esek. Sepertinya dearest readers sekalian paham siapa yang dimaksud. LOL.

Okeh okeh. Btw kok dari tadi soal linux & Windows aja. Mac gimana? Aha, jadi inget pendapatnya pak Rusmanto Maryanto, pemimpin redaksi InfoLINUX di salah satu tulisan editorialnya. Beliau bilang kalo Mac itu ibarat seorang wanita yang anggun, cantik dan pintar. Membuat deg-degan, jatuh hati, enak dilihat tapi tak mudah untuk dimiliki. Ha3. Bisa aja nih si bapak. Pengakuan dari pimrednya InfoLINUX loh ๐Ÿ˜€

Advertisements

5 comments on “Linux, Windows, Mac dan LEGO.

  1. bul.. klo pake mandriva asik ya? screenshoot dunk.
    hanya pengalaman, saya punya webcam dan saya mo olah. dengan tekad bulat make OS ubuntu. step pertama OS harus kenal ma peripheral, step k dua olah. trus saya cari program bwt webcam saya, webcam saya terbaca. Tekad bulat harus bisa d olah, meskipun BUTUH WAKTU LAMA bwt nyari tau. ibaratnya klo mo perang senjata ma amunisi dah siap. Pas saya sedang olah, eh.. ternyata koq susah bgt.. alhasil. koq ga bisa2 d olah dgn pemograman tertentu. Tekad harus bulat dan harus bisa.. tp koq saya ga bisa2.. knp pula bisa bgini? *tanyakan galileo,eh.. mbah google, tp susah nyarinya. (yang pasti sayanya yg bodoh..ha3) Kesalahan dah ta tanya. Pastinya butuh waktu lama lg bwt nyari tw.. pd akhirnya smp skrg blm bisa2 d olah. bner2 uBUNTUNG.hehe.. sdgkan pake ‘jendela’, ga perlu makan waktu n pusing2 bwt nyari tw. tinggal install driver, trus olah. simple bgt. So.. harus kah saya pake jendela karena waktu ma ketidak tauan saya? pake pinguin pastinya harus tersambung internet pula. internet kan mahal. orang lain dah smp k bulan, saya masih bingung nyari apa2 saja yang d butuhkan. ada yg bilang “waktu adalah uang”. ini OS bukan dan atw disamakan dgn LEGO, ini bwt k depan bukan bwt ksenangan sesaat. eh, tp klo LEGO bisa d buat jalan kya Hammer 4×4,boleh juga.. pesen atu..

  2. @ ketela buntung:
    WOW. thanks for the story brotha. mandriva enak. XP juga enak. ha3. *aq tambah tua rasanya tambah wise brotha, ya ngga?? wkwkwk.*

    Yah itulah bro. Dunia ini sebegini luas, jadi fanatis salah satu produk rasanya sedikit berbahaya. Dunia terlalu indah untuk diwarnai dengan hanya satu warna aja kan ya? ๐Ÿ˜€

  3. Linux World yang ini berupa majalah yg berbentuk kertas bro? Apa ada versi elektroniknya, kalau ada minta link-nya bro. Cari-cari gak ketemu. Thx. ๐Ÿ™‚

  4. @ajooy: gampang bro, minta aq wae. aq ngrental kemaren. kalo di internet ngga tau nyari dimana he3. kapan mau diambil tinggal bilang otre. he3. ๐Ÿ˜€

  5. @ ajooy: tapi bro, nemunya yang edisi 2004 doank. ulasannya ada yg masih relevan, ada yang ngga, he3. asik juga baca2 prediksi tahun 2004 dan reality 2010. beberapa prediksi mantap, sementara prediksi yang lain meleset & ngga akurat ๐Ÿ˜€

Mau komentar?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s