Guitar Pro 5 – Install. Play. Rock!

Sudah dua minggu ini saya asik dengan projek sampingan baru pas waktu senggang, yaitu belajar membaca dan menulis not balok dan notasi musik. Yeah, i’m a newbie kalo tentang yang satu ini. Pengalaman saya belajar musik cuma pas genjrang-genjreng bergitar ria pas SMA dulu. Buru-buru maenin lagu dengan mantap, nyetemnya aja sering ngga pas.

Makanya, dulu saya pengen banget beli keyboard. Soalnya ngga perlu disetem. Soalnya dipencet kaya apapun ngawurnya, suara yang keluar tetep bener. Ngga ada fals-nya :D. Ngga kaya gitar πŸ˜€ Sampai saat ini ngga kejadian juga saya punya keyboard. Punyanya cuma gitar. Juga sebatang rekorder. Peninggalan jaman SMP dulu.

Tiga minggu lalu, benang merah yang menggiring saya belajar notasi musik mulai kelihatan. Adik laki-laki saya beli bas elektrik di Barkas. Dapet murah. Merknya Sound Gear Ibanez. Berhubung ngga punya ampli, adik saya latihan manual sambil dengerin lagu-lagu favoritnya di media player (Songbird pastinya he3).

Hmm. Di jaman modern kaya begini, banyak software self-help. Tentang psikologi. Belajar seni menggambar. Belajar software. Bikin film. Nah, harusnya ada juga donk software self-help soal bermusik. Langsung deh saya ngacir ke tempat Bro Eka. Dia udah makan asam garam plus cuka kethek dan terasi basi kalo soal bermusik πŸ˜€ Piss bro. Dia pun ngeluarin software andalannya, Guitar Pro. Setelah dia demo beberapa menit, rahang saya ngga berhenti mangap. Plus ngeces. Kagum. As expected from Metal is My Life owner πŸ˜€

Guitar Pro 5 memiliki tampilan antarmuka yang interaktif, simple dan to the point. Di bagian atas ada berbagai tampilan menu tentang pembacaan dan penulisan notasi musik. Di bagian tengah, ada panduan visual fretboard gitar dan panduan visual tombol keyboard. Di bawahnya ada tampilan notasi berupa not balok, lengkap dengan tanda bacanya. *Itu apaan ya, ada kecambah keriting dijejer-jejer :D*Dibagian paling bawah ada informasi track alat musik, pengaturan volume, rata speaker (kiri dan kanan) dan timeline nada saat lagu dimainkan. Lengkap bener dah.

“Yang paling keren Mbul, kamu tinggal nulis not lagunya trus dikasi tanda baca, trus ini software yang bakal ngebunyiin itu nada-nada”. Begitu penjelasan si bro. “Pertama-tama, kamu terapin tanda biramanya dulu. Ketukan 4/4, 3/4, 2/4, 5/8 atau whatever you like. Software ini dengan cerdasnya bakal ngitung nada nada secara akurat di tiap bar nya. Misalnya, di bar 4/4, satu bar itu seharusnya berisinya 4 nada penuh. Atau 8 nada separuh. Dan seterusnya. Setelah nada nya dapet, kasi tanda notasi. misalnya tanda diam penuh, tanda diam separuh, tanda istirahat dan lain-lain. Klik play. Nah, tu denger, keluar bunyinya. Ngga fals”. πŸ˜€

Woaah. Ajib. Keren banget. Setelah denger penjelasan si bro, semaleman saya berusaha menulis jingle pertama saya. Hasil gubahan saya sendiri. *Harap-harap cemas saat neken tombol play*

Suaranya keluar! Ngga fals! (Ya iyalah, namanya juga software musik. Dasar katrok). Lumayan terdengar merdu. Not bad untuk seorang pemula. Hihihi. πŸ˜€

Software itu juga saya kasi ke adik laki-laki saya. Dia pun terkagum-kagum. Langsung deh maenin beberapa tabulatur lagu berekstensi *.gtp, *.gp4 dan *.gp5 (ektensi Guitar Pro). Masih dalam terkagum-kagum mode: on.

Enak banget ya hidup di tahun milenium ini. Belajar apa-apa ada jalannya. Selama kita rajin membuka diri dan bertukar pikiran untuk merasakan pengalaman-pengalaman baru. πŸ˜€

Oia, tribut sebesar-besarnya untuk tim dibalik pembuatan Guitar Pro 5. Maapkan karena saat ini saya memakai versi non orisinilnya. Maap. Kalo ada yang jual versi orisinilnya di Indonesia (satu box lengkap dengan guidebooknya), saya dan adik saya bener-bener berniat membelinya. Suer. Keren banget πŸ˜€

Advertisements

8 comments on “Guitar Pro 5 – Install. Play. Rock!

  1. Namanya aja Guitar *Pro*, kmungkinan besar berbayar. Di aku aja QuickTime gak bayar tapi fiturnya terbatas, klo mau yang QuickTIme *Pro* yang fiturnya lengkap, baru bayar. he3 πŸ™‚

  2. @ajooy: Klo QuickTime ada, tapi kalo software Guitar ngga ada bro. He3. Keren nih bro. Belajar jadi komposer. Ngga perlu bisa mainin alat secara canggih. Lebih fokus ke komposisi lagu juga bisa. πŸ˜€

  3. ha3. tadi abis ngerampok gitar temenku. tanam modal buat beli senar ama strap nya. biar bisa dipake latihan. alice suka maen alat musik apa nih? aq klo gitar masih itungan belajar. ga gape banget.

    suka tampilan blogku? ha2. ada rencana mo hosting sendiri ni. udah nyobain otakatik blog (pake web server virtual)? asik loh. buat uji coba sebelum dihosting ke .com. klo mau pake aja XAMPP (apache & sql) plus worpdress terbaru (aq pake yg versi 2.9.)

    tampilan blog km juga fresh. trafiknya blog kamu juga rame banget. bagi tips dunk alice. 2 tahun aq ngeblog segini-gini doank pembacanya. (^_^)

    btw alice, kasi link fesbuk km dunk di blog.
    *evil smile but the cute kind of smile (^_^)*

  4. Aku sih waktu sd pernah les organ, tapi sekarang udah lupa. pernah coba maen gitar tapi gak terlalu enjoy. tapi sebenernya impianku aku pengen maen biola.
    Aku juga pengen punya .com juga tapi males ngeboyong link sahabat yang sudah ada.
    tentang blog:hehe… mungkin karena aku suka blogwalking sana-sini kali ya…atau karena topik yang kutulis yang ringan2 aja, beda ama kamu yang tulisannya berbobot.^^
    akun fesbuk? ntar ya kalo aku dah lulus^^

Mau komentar?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s