Business The Bill Gates Way

SEORANG GEEK / NERD YANG FENOMENAL
Bill Gates adalah seorang geek/nerd yang sukses. Apa itu geek/nerd? Geek/nerd adalah para maniak ilmu pengetahuan. Mereka mengetahui hal-hal yang kebanyakan dari kita tidak tahu. Mereka memahami potensi teknologi baru yang tidak akan pernah dimengerti oleh para akuntan atau manajer tradisional. Mereka melek teknologi dan intelek. Mereka cerdas, sangat cerdas mengenai hal-hal yang tidak kita pahami dan ini membuat sebagian besar dari kita merasa tak nyaman. Dalam hal masa depan, mereka “memahami” masa depan, dan kita, manusia umum, tidak.

Layar dan keyboard yang sekarang ini menjamur dimana-mana adalah sekadar barang-barang yang terdapat dalam cerita fiksi ilmiah beberapa dekade yang lalu. Pada tahun 1960-an, ketika kaum futuris di Amerika berusaha memprediksi tren yang sepertinya akan membentuk masyarakat di sepanjang abad ke-20, mereka sama sekali tidak menduga kebangkitan komputer pribadi. Juga bukan kebetulan juga kalau Gates muda adalah penggila buku-buku fiksi ilmiah.

Kalo orang yang punya blog berjudul Geek Without blablabla berarti termasuk cerdas juga kah? Kalo yang itu entah. Tanyalah pada awan, angin dan rumput yang bergoyang-goyang. Jangan lupa intip & cari tau kenapa rumputnya bisa goyang-goyang ya \(^_^)/

DI TEMPAT YANG TEPAT, PADA WAKTU YANG TEPAT
Siapa yang tidak kenal dengan Microsoft? Sebagian besar komputer di seluruh dunia pasti menggunakan beragam software keluaran perusahaan tersebut – entah itu sistem operasi MS Windows, aplikasi kantor MS Office, Internet Explorer sebagai browser atau yang lainnya. Microsoft adalah raksasa di bisnis piranti lunak PC, dan Bill Gates adalah orang di balik kesuksesan perusahaan itu.

SEORANG VISIONER YANG TAK KENAL AMPUN
Bill Gates adalah sosok fenomenal di dunia bisnis modern. Dia adalah taipan teknologi nomor wahid di zaman kita. Kegeniusannya yang visioner telah menjadikannya sebagai salah satu orang terkaya di planet bumi. Visi bisnis serta obsesinya  untuk selalu unggul dan inovatif telah membuat Bill Gates menjadi seorang pebisnis yang sangat unik. Gayanya dalam memimpin Microsoft belum pernah ditemukan sebelumnya di dunia bisnis.


Visi Gates adalah “satu komputer di setiap meja di setiap rumah”. Gates mencapai visinya dengan cara mentransformasikan Microsoft menjadi pelaku utama di industri komputer dan menggunakan posisi dominannya untuk menciptakan cetak biru (platform) bagi pertumbuhan luar biasa di berbagai aplikasi komputer. Hal yang Gates sadari sejak dini adalah sangat penting menciptakan standar industri untuk bisa menyukseskan visinya.

GATES DAN IRONI TENTANG HAKEKAT KESUKSESAN
Kita tidak akan menemukan banyak petunjuk tentang teknik manajemen Gates atau gaya kepemimpinannya di sekolah-sekolah bisnis. Bahkan, para profesor dan pakar manajemen sama sekali bungkam tentang hal yang membuat chairman dan CEO Microsoft itu begitu sukses. Mungkin mereka merasa tersinggung. Gates adalah mahasiswa drop-out dari Fakultas Hukum Harvard. Kalangan akademis lebih menyukai para pemimpin bisnis yang lebih konvensional, para eksekutif tradisional.

CINTAILAH DIA ATAU BENCI DIA
Bill Gates adalah sebuah fenomena bisnis. Raja dan cendikiawan teknologi terhebat. Cengekeramannya pada pasar piranti lunak PC telah menjadikannya salah satu manusia terkaya di bumi. Jumlah kekayaannya menjadi teka-teki dan obrolan pengisi waktu di restoran dan bar untuk memukau teman atau kenalan.

INTI POSTINGAN KALI INI?
Hindsight (kemampuan memahami sesuatu setelah sesuatu itu terjadi) adalah baik, namun foresight (kemampuan memahami sesuatu sebelum sesuatu itu terjadi) adalah hal yang jauh lebih menguntungkan, seperti yang ditunjukkan oleh visi Gates tentang dunia komputer di masa depan. Don’t mess with the geeks/nerds (^_^)

Advertisements

2 comments on “Business The Bill Gates Way

  1. pada intinya ini adalah postingan yang semi-narsis…tul gak?^^ hehe pisss… tapi emang aku kagum kok sama orang2 seperti ini yang punya kemampuan foresight, kalau aku sih mungkin termasuk yang hindsight n konvensional^^

  2. eh ada bu dokter…eh salah, mbak dokter eh..
    *mbak, mbak, sejak kapan aq kawin sama masmu!*

    wkwkwk. bner banget . ini pure narsis yg terselubung, alice.

    *btw sherlock mode on. browsing mantan mahasiswi kedokteran semarang. hmmm. beberapa waktu lg tabir ini bakal aq buka hahaha.google top bgt lah pokoke (^_^)*

Mau komentar?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s