Groundswell: Godzilla & Amoeba

Buku berjudul “Groundswell” karangan dua analis Charlene Li dan Josh Bernoff dari Forrester Research ini amat menarik. Dalam buku ini, para konsumen (pengguna internet) dibedakan menjadi 6 segmen profil berdasarkan aktivitasnya di dunia maya (disebut Profil Social Technographics), yakni Creators, Critics, Collectors, Joiners, Spectators & Inactives.

Profil-profil ini sendiri digambarkan sebagai anak tangga. Creators adalah anak tangga paling atas karena merupakan segmen yang paling tinggi tingkat aktivitasnya. Tertarik buat tau diri kita termasuk yang mana? Ringkasannya masing-masing profil adalah sebagai berikut:

Creators, adalah orang-orang yang paling tidak sebulan sekali menelurkan tulisan di blog / website-nya, mengupload video karyanya di Youtube, mengupload source code maupun aplikasi bikinan mereka untuk dipakai secara gratis / berbayar di internet dan juga menjadi Thread Starter (TS) di forum-forum seperti Kaskus, Indowebster dan sebagainya.

Critics, adalah orang-orang yang memberikan komentar pada blog / website atau memberikan penilaian, saran dan feedback yang mendalam secara online terhadap produk-produk maupun karya yang beredar disana. Orang-orang tipikal ini paling sering saya temui saat browsing-browsing ke situs penyedia add-ons, plugin maupun software-software trial. Para Critics umumnya berperan sebagai tester independen. Mereka men-download add-ons, plugin dan software tersebut, mencobanya dan memberikan pujian, kritik maupun saran perbaikan. Selain itu, orang-orang yang berperan sebagai kritikus buku juga termasuk dalam kategori Critics.

Collectors, adalah orang-orang yang menyimpan berbagai informasi yang ia peroleh saat online. Menyimpan alamat-alamat situs favorit mereka dan mengumpulkan berbagai barang-barang hasil unduhan (baca: jarahan :D) mereka dari internet. Ini nih karakter orang-orang yang bikin bandwidth lelet gara-gara program mass downloader yang mereka pakai. Tukang “timbun” istilahnya 😀

Joiners, adalah orang-orang yang punya profil di situs-situs social networking seperti Facebook dan sebagainya dengan tujuan untuk menjalin relasi ataupun membentuk komunitas. Kegiatan mengupdate status, memberi tautan / link di jejaring sosial maupun forum-forum adalah contoh aktivitas yang dilakukan para Joiners.

Spectators, adalah orang-orang yang aktif menjadi pembaca blog, website dan forum atau menonton video yang beredar di Youtube, misalnya, sambil nggak lupa memberikan komentar. Eits, jangan dianggap enteng. Para Spectators ini meskipun terkesan sepele namun perannya sangat penting sekali. Siapa sih penulis blog / tukang bikin & upload video yang nggak suka hasil karya mereka diapresiasi? Komentar itu ibarat suntikan yang bisa bikin mereka tambah semangat lagi untuk menghasilkan karya-karya baru. Cateet 😀

Terakhir, Inactives, adalah orang yang tidak melakukan aktivitas apapun meskipun ia sedang online. No comment deh untuk kategori yang satu ini 😀

Jadi, dearest readers sekalian termasuk kategori yang mana nih? Jika Creators diibaratkan Godzilla, kadal raksasa yang ada di bagian atas jaring-jaring makanan :D, maka Inactives diibaratkan jadi…  Amoeba… 😀 Ayo, pada semangat jadi Godzilla. Jangan mau jadi Amoeba 😀

Photo courtesy: Businessweek & Social Media Today

Advertisements

2 comments on “Groundswell: Godzilla & Amoeba

  1. ha3. sosial technographic profile ini ibarat pangkat kita di eWorld bro. apa yg ngga bisa dicapai dunia fisik mungkin bisa dicapai di eWorld ini.

    udah mastiin km tipe apa bro? yang jelas bukan Amoeba lah ya. ha3.

    aq baca eBooknya bro. coba lah nek sempet nggolek nang loakan. ketoke sih ngga ada. salah satu yg ngendorse buku ini itu pak hermawan kartajaya, jadi mungkin di gramedia ada tp masuk itungan impor. mungkin jg ga masuk Indo.

Mau komentar?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s