Fairness

2013-04-18_10h12_08

Alangkah enaknya mapping ke lapangan saat ini. Tinggal bawa hape yg ada GPS-nya (ga usah sewa). Tarif sepuluh ribu per hari bikin bokek :D. Cek peta bisa pake tablet segede talenan. Bisa download peta dari server segala. Foto singkapan bisa dikasi caption ala instagram atau instaplace (I’m HERE!), bikin mapper bisa narsis di lapangan :D. Tabulasi data diinput & diedit pake bejibun free apps yang bisa leluasa didownloadToday we witness the pinnacle of civilization in spatial awareness. 

Beberapa waktu yang lalu, sy ngobrol dengan seorang pengajar di kampus. Beliau termasuk pengajar yang antusias kalo diajak ngobrol tentang Sistem Informasi Geografis. Beliau cerita bahwa sewaktu mengambil program lanjutan (higher ed) di salah satu universitas di Belanda (yang terkenal bagus program SIG dan analisis spasialnya), beliau dapat kesempatan untuk magang di markas pembuat ArcGIS di Redlands, California. Mantap. Kapan ye sy bisa dolan-dolan ke kantornya ESRI…

Yang bikin lebih kagum, bapak ini cerita kalau dalam waktu dekat ini bakal beli lisensi ArcGIS 10 sekitar 5-6 paket. “Kalau mau pakai, tinggal minta donglenya ke asisten”, kata beliau. Wuih. Setau sy sih 1 paket single user (kelengkapan extension bervariasi) seharga 20-30an juta. Salut dan hormat untuk bapak dosen yang satu ini.

2013-04-17_01h42_39

Salut karena jarang banget dosen yg lagi lancar proyeknya kepikiran untuk nyalurin income ke perbaikan infrastruktur laboratorium kampus. Biasanya yang laen pada beli mobil, kamera tele, gadget atau cari istri baru :D.

Hormat karena bapak dosen ini fair dan ga pake software bajakan. Wajar sih. Proyek-proyeknya banyak yang sukses dan mendatangkan income yang ngga sedikit, salah satunya karena didukung paket software yang bagus. Pastinya ga etis donk, klo software-nya ga ori. Bisnis menurut sy haruslah fair.

Advertisements

Mau komentar?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s